blank
Personel Babinsa dari Koramil-08 Giriwoyo Kodim 0728 Wonogiri, bersama Polsek, Forkompincam, pamong desa dan warga, tampil memprakarsai pembangunan rumah korban kebakaran.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Koramil-08 Giriwoyo, Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai kerja bakti gotong royong, untuk melakukan pembangunan rumah milik korban kebakaran. Ini dilakukan, bersama jajaran Forkompincam, pamong desa, tokoh masyarakat, pihak donatur dan warga.

Seperti pernah diberitakan, Sutiyono (51), warga Lingkungan Ngebrak Kidul RT 2/RW 2, Kelurahan dan Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, telah kehilangan tempat tinggal. Karena rumahnya ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya. Termasuk ikut terbakar pula, kandang ternak yang dibangun di sisi rumah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran rumah yang terjadi Rabu (4/12) lalu itu. Pemicu kebakaran, diduga karena konsleting listrik.

Para personel Babinsa dan prajurit TNI dari Koramil-08 Giriwoyo yang tampil memprakarsai pembangunan rumah korban terbakar tersebut, terdiri atas Serka Slamet, Serka Ratno, Sertu Bejo Sariyono, Serda Sriyanto dan Serda Trisilo. Ikut membantu pula dalam gotong royong kerja bakti pembangunan rumah korban terbakar ini, jajaran Polsek Giriwoyo dipimpin Kapolsek Iptu Wartadi, para pejabat dan aparat dari Kantor Kecamatan Giriwoyo dipimpin Camat Sariman S.Sos, MM.

Para relawan siaga bencana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kecamatan Giriwoyo, juga ikut membantu pembangunan rumah korban kebakaran. Mereka dipimpin oleh relawan Ny Welas Handayani.  Warga masyarakat, tampil dipimpin oleh Ketua RW 2, Igwa, untuk bersama pamong desa dan tokoh masyarakat, membantu melakukan pembangunan rumah korban kebakaran.

blank
Jajaran Perusahaan Daerah (PD) BPR-BKK Wonogiri, peduli memberikan bantuan dana pembangunan rumah, dan peralatan rumah tangga kepada korban kebakaran Sutiyono.
Bantuan Pihak Ketiga:

Serka Slamet, mewakili jajaran prajurit TNI dari Koramil-08 Giriwoyo, menyatakan, kegiatan ini dilakukan bersama-sama jajaran dinas dan instansi terkait, untuk meringankan beban korban kebakaran yang telah kehilangan tempat tinggal dan seluruh harta bendanya. Harapannya, dengan dibangunkan rumah baru sebagai pengganti rumah lama yang ludes terbakar, korban kebakaran Sutiyono bersama keluarganya, dapat segera memiliki tempat bermukim lagi.

”Sudah menjadi kewajiban kami, selaku aparat komando kewilayahan, peduli untuk memberikan perhatian kepada warga masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tutur Serka Slamet. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan dari pihak ketiga guna meringankan beban Sutiyono. Yakni bantuan dari warga se Kelurahan Giriwoyo, berupa uang Rp 10 juta, yang diserahkan oleh Ketua LPM (Lembaga Perwakilan Masyarakat) Kelurahan Giriwoyo, Putra Jaya, melalui Ketua RT 2/RW 2, Slamet Widodo.

Kemudian dari Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR-BKK) Wonogiri pimpinan Dirut BPR-BKK Wonogiri, Sucipto, juga peduli memberikan bantuan dana Rp 10 juta dan peralatan rumah tangga, terdiri atas dua buah kasur, masing-masing satu set meja kursi tamu, almari, kompor gas dan perlengkapan dapur.

Dari komunitas GGS (Giriwoyo Goes Solidarity) pimpinan Nurmudi, juga peduli memberikan bantuan pembelian paku sebesar Rp 350 ribu. Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, telah membantu logistik kepada korban, juga telah membantu relawan untuk membantu penanganan darurat pasca-kebakaran.

 

Bambang Pur