blank
Ruang multifungsi SMP Negeri 1 Todanan, Kabupaten Blora, berbentuk rumah joglo berbahan kayu jati ini sedang ditata. (Foto : SB/Riyan)

BLORA (SUARABARU.ID) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Todanan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kini tengah menyiapkan ruang publik multifungsi.

Menariknya, ruang multifungsi untuk penunjang sarana berbagai kegiatan belajar mengajar berbentuk rumah joglo berbahan kahu jati, berlokasi di halaman tengah kompleks sekolah di lereng Pegununan Kendeng Utara tersebut.

Dijelaskan Kepala SMP Negeri 1 Todanan, Suparno, Sabtu (7/12/2019), tujuan  dengan pendirian rumah adat khas Jawa (model joglo, Red) tersebut, tidak lain adalah sebagai ruang publik dengan banyak fungsi (multifungsi).

“Nantinya, ruangan ini untuk umum dari banyak kegiatan sekolah, jadi bukan fokus untuk acara formal,” jelas pria yang hobi mengenakan peci blangkon itu.

blank
Rumah joglo jati multifungsi SMP Negeri 1 Todanan, Blora, dilihat dari dari depan. (Foto : SB/Riyan)

Juara Satu

Menurutnya, disamping untuk acara formal, kedepanya rungan tersebut bisa digunakan sebagai ruang kegiatan keterampilan, mulai dari kesenian kerawitan, barongan, olahraga dan fungsi-fungsi lainnya.

“Yang jelas, nanti jadi ruang multifungsi, sekaligus sarana penunjang sekolah Adhiwiyata,” tambah Suparno.

Untuk anggaran pembangunan, lanjutnya,  berasal dari dana anggaran pendapatan daerah  (APBD) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Blora seitare Rp 185 juta.

“Gampangnya, ini hadiah dari Disdik karena sekolahan kami juara satu sekolah Adhiwiyata se-Jawa Tengah,” pungkasnya.

Riyan/Wahono