blank
TUNJUKKAN JERSEY: Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian Damanik bersama jajaran panitia #airforce3fun3 'Sehat Bugar dan Bahagia Bersama Lanud Adi Soemarmo' menunjukkan jersey dalam jumpa pers di Dapur Solo, Jumat (6/12). (suarabaru.id/lbc)

SOLO (SUARABARU.ID) – Lapangan Udara Militar (Lanud) Adi Soemarmo Solo kembali menggelar event tahunan yang melibatkan masyarakat umum. Event bertajuk #airforce3fun3 tersebut akan digelar pada Minggu, 15 Desember 2019, mulai pukul 06.00.

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian Damanik mengatakan, event tersebut merupakan kegiatan tahun ketiga dan tetap menampilkan tiga event olahraga sekaligus, yakni fun run, fun bike, dan fun aerobic.

“Event tahun ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia sekaligus Dirgahayu ke-74 TNI yang baru bisa terlaksana saat ini,” jelas Danlanud dalam jumpa pers di Dapur Solo, Jumat (6/12).

blank
Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian Damanik (suarabaru.id/lbc)

“Total peserta kita estimasi‎kan 15.000 orang, saat ini yang sudah teregistrasi ada sekitar 13.000, jadi masih tersisa dua ribu tiket lagi. Segera daftar sebelum kehabisan tiket,” sambung Danlanud.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Mayor Lek Affan Heri menambahkan, hadiah utama dalam kegiatan tahun ini berupa satu uni rumah tipe 40 dengan luas tanah 72 meter persegi, berlokasi di Gembongan, Kabupaten Sukoharjo.

“Selain rumah sebagai hadiah utama, juga ada enam unit Honda Revo, serta 250 hadiah menarik lainnya. Kegiatan ini untuk mewadahi hobi warga Kota Solo dan sekitar, seperti komunitas sepeda dan lari, serta aerobik,” ucap Affan.

blank
Ketua Panitia #airforce3fun3, Mayor Lek Affan Heri (suarabaru.id/lbc)

Dituturkan, kegiatan ini mengusung tema ‘Sehat Bugar dan Bahagia Bersama Lanud Adi Soemarmo’, karena itu, selain tiga kegiatan olahraga tersebut, nantinya juga akan ada open Lanud, dengan gelaran bazar terbatas.‎

“Satu tiket seharga Rp40 ribu, peserta bisa memilih kegiatan yang diinginkan. Bersepeda, lari, atau aerobik. ‎Bapaknya bisa bersepeda atau lari, ibunya aerobik, anaknya bisa jajan di bazar, lengkap sudah,” ujarnya.

Rumah Lunas

Sementara itu, Ketua II Mayor Sus Agus mengemukakan, seluruh peserta memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan hadiah utama. Karena itu, pola undian sudah menggunakan sistem bola, tak lagi manual.

“Jadi, tak ada kelas-kelasan, semua bisa berkesempatan mendapat hadiah‎ utama,” katanya.

Terkait hadiah utama rumah di Gembongan, rumah tersebut sudah dibayar lunas oleh panitia, sehingga pemenang hadiah tinggal urus bea sertifikat dan administrasi lain.

“Kalau penyertifikatan itu memang ditanggung pemenang. Dua tahun sebelumnya, peserta yang datang tidak hanya dari Solo Raya saja tetapi juga dari Yogyakarta, Madiun, Magetan, Ponorogo, dan daerah Jawa Timur lainnya,” terangnya.

Ada dua rute dan jarak tempuh berbeda dalam kegiatan #airforce3fun3. Untuk fun run akan menempuh jarak 2,72 kilometer. Sementara, jarak tempuh fun bike sejauh 13,6 kilometer, adapun aerobik akan digelar di lokasi acara.

“Tiket seharga Rp40 ribu‎ sudah mendapat id card untuk undian, kaus, dan snack,” pungkasnya.

LBC