Bagikan
DEKLARASI - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti bersama jajaran Forkopinda memimpin jalannya deklarasi damai yang diikuti seluruh calon kepala desa, kemarin.

BREBES (SUARABARU.ID) Bupati Brebes Hj Idza Priyanti memastikan kertas suara untuk Pilkades tahap dua di 108 desa harus sudah sampai ke desa pada Tanggal, 10 Desember mendatang. Hal itu mengingat pelaksanaan pilkades serentak akan dilakukan pada Tanggal 15 Desember.

“Saat ini proses tahapan pilkades sudah memasuki pendistribusian undangan bagi pemilih dan ditargetkan selesai pada 5 Desember mendatang. Sedangkan untuk surat suara, sebagian desa sudah ada yang mencetak. Surat suara tersebut akan didistribusikan ke tingkat desa pada 10 Desember mendatang,”terang bupati saat menyampaikan sambutannya di acara deklarasi damai Pilkades tahap II di Pendapa Brebes, kemarin.

Bupati Idza Priyanti dalam sambutannya menandaskan, Deklarasi Pilkades Damai digelar agar pelaksanaan seluruh tahapan pilkades hingga proses pelantikan berjalan aman dan lancar. Tentunya, lanjut Bupati, hal itu diperlukan komitmen dari para cakades bersama para pendukungnya. Khususnya saat proses pemilihan yang dilakukan secara manual.

Seperti diketahui, sebanyak 372 calon kepala desa (Cakades) dari 108 desa mengikuti acara deklarasi pilkades damai. Bupati menambahkan, direncanakan untuk pelantikan kades terpilih hasil pilkades ini pada Februari 2020 mendatang.

Ia menambahkan, terkait pengadaan kertas surat suara, menggunakan anggaran bantuan APBD yang diberikan kepada setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades.Besaran bantuan yang diterima setiap desa antara Rp 30 juta hingga Rp 50 juta, tergantung banyak dan sedikitnya daftar pemilih tetap (DPT) setiap desa.

Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto menuturkan, untuk wilayahnya, saat ini desa yang akan melaksanakan pilkades seluruhnya sudah melakukan cetak kertas surat suara. Sehingga, diharapkan surat suara akan bisa didistribusikan ke tiap desa sesuai jadwal yang ditetapkan. “Kalau di desa-desa kami, saat ini sudah dalam proses cetak kertas surat suara. Tinggal nanti distribusinya saja,” pungkas Eko.

harviyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here