blank
Asisten III Setda Blora, Hj Henny Indriyanti, mewakili Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, membuka  Orientasi Jurnalistik dan Sosialisasi UU Pers. Foto : SB/PWI-Bla

BLORA (SUARABARU.ID) – Pejabat kehumasan (Humas) berbagai OPD, BUMN, BUMD, BUMS, perbankan, ormas, akademisi, lembaga pendidikan dan difabel di Blora, Jawa Tengah, antusias dalam mengikuti Orientasi Jurnalistik.

Tidak hanya diikuti 65 pejabat kehumasan, sedikitnya 25 wartawan berbagai media massa di Blora, juga serius mengikuti kegiatan yang juga diisi sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kegiatan yang dihelat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora di ruang pertemuan Setda setempat, Kamis (5/12/2019), berjalan lancar sejak pagi hingga usai pukul 15:00 WIB.

“Antusias kawan-kawan humas dan wartawan di Blora dalam mengikuti Orientasi Jurnalistik, sangat luar biasa,” tandas Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jawa Tengah, Sri Mulyadi.

blank
Ketua PWI Kabupaten Blora, Wahono, menyerahkan kenang-kenangan pakaian khas PWI kota sate untuk Asisten III Setda Blora, Hj Henny Indriyanti. Foto : SB/PWI-Bla

Penilaian itu disampaikan wartawan Senior Jateng tersebut, setelah melihat langsung peserta  orientasi jurnalistik dan sosialisasi UU Pers aktif mengikuti sesi persesi sejak pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

“Pertanyaan yang dilempar peserta juga bagus-bagus, terutama terkait organisasi wartawan yang sehat, dan soal wartawan yang kompeten,” tambahnya.

Makin Paham

Santoso, Humas Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Blora, salah satu peserta di kegiatan itu mengaku puas dan semakin faham tentang jurnalistik, khususnya organisasi wartawan yang sehat.

“Ternyata kegiatan orientasi jurnalistik sangat menarik, saya mulai faham soal kinerja wartawan, dan organisasi wartawan di Indonesia yang diakui Dewan Pers adalah PWI, IJTI dan AJI,” papar Santoso.

blank
Humas OPD, BUMN, BUMD, BUMS, perbankan, ormas, akademisi, lembaga pendidikan, komunitas difabel di Blora, antusias mengikuti orientasi jurnalistik dan sosialisasi UU Pers. Foto : SB/PWI-Bla

Dalam acara itu, dihadirkan empat nara sumber dari PWI Provinsi Jawa Tengah, masing-masing Setiyawan Hendra Kelana soal Konvergensi Media, dan Sri Mulyadi seputar UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Regulasi Media.

Sedangkan Widiyartono soal peraturan dasar peraturan rumah tangga (PD PRT) PWI, dan Solikun berbicara masalah Pengelolaan Organisasi Wartawaan yang sehat.

Acara dibukaAsisten  III Setda Blora, Hj. Hj Henny Indriyanti, mewakili Bupati Djoko Nugroho dihadiri pejabat Dinkominfo, pejabat Humas Pemkab setepat, dan 90 peserta Orientasi Jurnalistik dan sosialisasi UU Pers.

Diberitakan Rabu (4/12/2019), untuk kali pertama, pejabat dari berbagai OPD, BUMN, BUMD, badan usaha swasta, perbankan, ormas, akademisi, lembaga pendidikan dan difabel akan berkumpul di Blora.

Para pejabat Humas yang berjumlah 65 orang, bergabung bersama sekitar 25 wartawan dari berbagai media massa di Blora untuk mengikuti Orientasi Jurnalistik dan Sosialisasi UU Pers.

Kegiatan tersebut didukung stakeholder PWI Kabupaten Bloora, masing-masing SKK Migas, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP, Semen Gresik, dan PT GMM Bulog.

Wahono/trs