blank
Osvaldo Haay/dok

MANILA – Timnas Indonesia U-23 siap menghadapi Laos pada laga terakhir penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12) mulai pukul 15.00 WIB. Para pemain akan berjuang untuk mendapatkan kemenangan sekaligus mengamankan tiket ke semifinal. Peluang Garuda Muda ke semifinal kembali terbuka lebar setelah sukses membekap Brunei Darussalam 8-0, Selasa (3/12) malam.

Hasil itu menempatkan skuad polesan Indra Sjafri ke peringkat kedua klasemen sekaligus menggusur Thailand dengan keunggulan selisih gol. Sore kemarin, Andy Setyo Nugroho dan kolega hanya menjalani latihan ringan dengan tujuan pemulihan kondisi fisik dan stamina. Mereka berlatih di Taman Pusat Kebudayaan Filipina yang berada di depan hotel tempat penginapan tim.

“Pemain sudah recovery, tidak ada yang cedera. Kami akan menentukan nasib sendiri untuk melangkah ke semifinal,” ujar Indra Sjafri. Dia menambahkan para pemain diminta tetap respek kepada Laos dengan tidak memandang remeh. Menurut Indra, persaingan di Grup B memang sangat ketat.

Selain Indonesia, Vietnam dan Thailand masih berpeluang lolos ke semifinal. Karena itu, mantan pelatih timnas U-19 ini meminta kepada Andy Setyo dan kawan-kawan untuk tidak banyak membuat kesalahan dan fokus pada permainan taktik dan strategi yang sudah disiapkan.

Striker Indonesia Osvaldo Haay juga mengaku sangat siap. “Kemenangan atas Brunei seperti memberi kami energi baru. Mudah-mudahan kami juga bisa tampil lebih bagus dan memenangi pertandingan lawan Laos,” ungkap Osvaldo.

Hal senada juga dilontarkan gelandang Evan Dimas Darmono. Menurut dia, semua pemain harus tampil tenang dan fokus pada taktik dan strategi tim. “Laos kemungkinan bermain bertahan,” tegas Evan Dimas. (rr)