blank
Kepala SMAN 1 Sapuran Wonosobo Khusnan ketika menerima penghargaan sebagai juara 1 lomba perpustakaan antar SMA/MA/SMK yang digelar Kantor Arpusda setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Perpustakaan Graha Widyatama SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo berhasil meraih juara 1 lomba perpustakaan antar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Wonosobo tahun 2019 yang digelar Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) setempat.

Sedang juara 2 yakni SMK Negeri 1 Wadaslintang, juara 3 SMK Andalusia. Juara harapan 1 MAN 1 Wonosobo dan juara harapan 2 SMK Negeri 1 Kepil. Penyerahan piala dan piagam kepada para pemenang dilakukan pada upacara HUT ke-48 Korpri di Alun-Alun Wonosobo.

Kepala SMA Negeri 1 Sapuran Khusnan, Selasa (3/12), mengatakan bangga dengan capaian juara 1 lomba perpustakaan sekolah yang diraih Perpustakaan Graha Widyatama. Prestasi tersebut tak lepas dari ikhtiar SMAN 1 Sapuran dalam mengembangkan budaya literasi.

“Ini artinya jerih payah untuk melejitkan budaya literasi di sekolah menemui sinar terang. Semoga anugerah ini akan lebih motivasi Perpustakaan Graha Widyatama untuk terus melayani kebutuhan bacaan siswa dan masyarakat umum di Sapuran,” ujarnya.

blank
Para peraih juara lomba perpustakaan sekolah foto bersama usai menerima piala dan piagam di sela-sela HUT ke-48 Korpri di Alun-Alun Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Menurut Khusnan, meski berada di lingkungan sekolah, Perpustakaan Graha Widyatama SMAN 1 Sapuran sudah open library. Karena tidak saja melayani buku bacaan bagi siswa, tapi anak-anak, remaja dan masyarakat umum, bisa datang membaca buku yang ada.

Akses Disabilitas

“Perpustakaan sekolah di SMAN 1 Sapuran menyediakan banyak koleksi buku populer, buku pelajaran, buku best seller dan e-book. Bisa bermain kreatifitas dan menonton film edukasi di ruangan khusus yang disediakan pengelola perpustakaan,” paparnya.

Perpustakaan Graha Widyatama, imbuh Khusnan, juga membuka akses bagi penyandang disabilitas. Pada waktu istrirahat atau saat memasuki masa kelas meeting usai penilaian akhir semester (PAS), perpustakaan ini dipenuhi banyak pengunjung siswa setempat.

Kepala Perpustakan Graha Widyatama SMA Negeri 1 Sapuran Jenni Arbella Luciana Dewi menambahkan ke depan pihaknya ingin perpustakaan yang dikelolanya menjadi rumah baca dan tempat berkumpul yang positif serta mengasyikan bagi siapa saja.

“Pencapaian juara 1 yang diraih perpustakaan SMAN 1 Sapuran, diharapkan bisa memacu semangat untuk terus meningkatkan kualitas, kuantitas dan fasilitas yang ada. Ke depan Perpustakaan Graha Widyatama semoga bisa meraih juara propinsi dan nasional,” katanya.

Humas Kantor Arpusda Wonosobo Ripto Hartanto menyatakan tujuan diadakanya lomba perpustakaan tingkat SMA/MA/SMK se-Wonosobo adalah untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat Wonosobo, terutama kalangan remaja dan pelajar SMA/MA/SMK.

“Dengan banyak membaca, wawasan remaja dan pelajar bisa semakin luas. Memiliki visi dan masa depan yang cerah. Melalui program literasi nasional, remaja dan pelajar diberi kebebasan seluas-luasnya untuk membaca buku di sekolah maupun di rumah,” ujarnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka