Bagikan
BERBAGI: Komunitas disabilitas Kota Solo Self Help Grup (SHG) membagikan souvenir dan snack kepada warga Solo yang melintas di Jalan Slamet Riyadi tepatnya di pertigaan Sriwedari, Selasa (3/12). (suarabaru.id/lbc)

SOLO, SUARABARU.ID – Cuaca panas di Kota Solo tak menyurutkan niat baik belasan disabilitas untuk berbagi dengan sesama. Tergabung dalam komunitas Self Help Group (SHG), para disabilitas tersebut penuh semangat berkumpul di pertigaan Sriwedari, tepatnya di bangjo, Selasa (3/12). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”.

“Tepat Hari Disabilitas Internasional, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan warga Kota Solo. Difabel juga bisa memberi dengan mengadakan kegiatan sosial,” ujar Didit salah satu peserta aksi sosial.

“Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Di antara kekurangan pasti ada kelebihan. Nah kekurangan itu mari kita gali bersama dengan berkarya untuk kita tunjukkan ke masyarakat dan pemerintah kalau kita itu punya nilai dan kualitas,” sambung Didit.

Sebanyak 200 souvenir tempat ponsel dibagikan ke pengguna jalan yang melintas. Selain souvenir, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagi makanan ringan sebanyak 200 snack untuk warga Kota Solo.

“Baik souvenir tempat ponsel dan snack semua dibuat dari anggota SHG. Uang untuk membuat souvenir berasal dari kantong pribadi anggota disabililitas,” kata Sarmiyati, juru bicara SHG di sela-sela kegiatan.

Sarmiyati mengatakan di momen Hari Disabilitas Internasional ini ingin mengubah stigma negatif yang selama ini melekat pada disabilitas. Stigma negatif tersebut di antaranya disabilitas sering dianggap sebagai orang yang kerap meminta-minta.

“Kami bisa memberi sesuatu kepada orang lain. Disabilitas juga bisa mandiri lewat karya nyata. Kita tidak tergantung pada orang lain,” tegasnya.

Ia menambahkan lewat kegiatan ini ingin menunjukkan kalau disabilitas bisa produktif dan mandiri. Sebagian besar disabilitas yang tergabung dalam SHG punya usaha sendiri di rumah.

Dia bersama rekan-rekannya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta di bawah kepemimpinan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo yang memperlakukan para disabilitas dengan sangat baik.

Suarabaru.id/LBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here