Bagikan
Rumah permanen milik Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, ini rusak kehilangan atap karena diterjang bencana puting beliung.
WONOGIRI – Bencana puting beliung, Senin petang (2/12), melanda dua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Wonogiri Kota, dengan menumbangkan pohon besar yang menghalangi jalan. Kmeudian di Kecamatan Girimarto, menyebabkan puluhan pohon roboh, dan setidak-tidaknya 6 rumah warga mengalami kerusakan.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsekta Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Selasa (3/12), menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Hanya saja, pohon besar yang tumbang melintang di ruas Jalan Murtipranoto, tepatnya di Lingkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri Kota, sempat menyebabkan macetnya hubungan darat dari arah timur yang masuk ke Kota Wonogiri dan ke arah Wuryantoro.Upaya menyingkirkan pohon tumbang yang memicu terjadinya kemacetan hubungan darat ini, segera dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) saiaga bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri. Ikut membantu, personel dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, anggota SAR, personel Polsek dan Koramil Kota Wonogiri, petugas piket Kejari Wonogiri dan warga sekitar.

Pohon tumbang itu berlokasi di depan Rumah Play Group Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ”Permata Hati.” Jenisnya Pohon Pinisium. Penyebabnya, diduga karena akarnya lapuk dan ranting daunnya terlalu rimbun. Arah tumbangnya pohon tersebut, melintang jalan ke sisi utara, menimpa pagar depan Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, dan menyebabkan kerusakan sepanjang 3 Meter. Demikian dituturkan Saksi Slamet (58), Sony Tira Sanjaya (34), dan Kuncoro (54),  semuanya adalah warga Lingkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Pohon besar peneduh tepi jalan jenis Pinisium, roboh diterjang bencana puting beliung. Dampaknya, menyebabkan macetnya hubungan darat di ruas Jalan Murtipranoto, Kota Wonogiri.
Rumah Rusak
Bersamaan itu, dari Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan juga terjadi becana alam puting beliung di Desa Bubakan (sekitar 40 Kilometer arah timur laut Kota Wonogiri). Tidak ada korban dalam bencana ini, tapi menyebabkan puluhan pohon tumbang dan merusak setidak-tidaknya 6 rumah warga.

Rumah warga yang rusak adalah milik Pardi (50), Kidi (52), Marimin (49), Yatno (47), Ny Sumiyem (61) dan rumah milik Midi (48). Keenam rumah yang rusak ini, berada di Lingkungan Bubakan RT 7/RW 2, Kelurahan Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Untuk membantu korban, dari pihak BPBD Kabupaten Wonogiri pimpinan Bambang Haryanto, memberikan bantuan logistik dan tenaga relawan untuk ikut kerja bakti memperbaiki rumah warga yang rusak.Kerja bakti gotong royong perbaikan rumah-rumah yang rusak karena diterjang puting beliung, didukung para personel dari Polsek, Koramil, aparat Kantor Kecamatan Girimarto, pamong desa, Karang Taruna, dan warga masyarakat. Upaya perbaikan rumah-rumah yang rusak, mendapatkan prioritas, agar penghuninya tidak mengungsi ke lain tempat.

suarabaru.id/Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here