Bagikan
Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS ketika melakukan pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Wonosobo periode 2019-2022. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Wonosobo peride 2019-2023 dilantik Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS di Pendapa Bupati setempat, Jumat (29/11) siang.

Pengurus PWI Wonosobo yang dilantik yakni Ketua Edy Purnomo (Suara Merdeka), Wakil Ketua Muharno Zarka (SUARABARU.ID), Sekretaris Ariswanto (Kedaulatan Rakyat) dan Bendahara Ronaldo Bramantyo Jati (TV One).

Selain itu juga, Bidang Pendidikan dan Organisasi Agus Supriyadi (Wonosobo Ekspres), Bidang Olah Raga dan Event Organizer Ilham Arda Saputra (wonosobozone) dan Bidang Humas dan Teknologi Informasi Iman Ahmad Ihsanudin (DNO).

Adapun calon anggota PWI yang baru, Erwin Abdillah (Wonosobo Ekspres), M Nur Chakim (Suara Merdeka), Adib Anas Maulana (Suara Merdeka), Ari Sunandar (Sorot.Co) dan Riska Alfiana Zunaenah (Radio Pesona FM).

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS saat melakukan prosesi pelantikan berpesan agar semua pengurus dan anggota PWI yang baru dilantik harus mentaati Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) dan kode etik jurnalistik.

“Dalam menjalankan roda organisasi, semua pengurus dan anggota PWI wajib mentaati PDPRT PWI yang ada dan saat melakoni profesi wartawan di lapangan harus tunduk dan taat pada kode etik jurnalistik,” katanya.

Pengurus PWI Kabupaten Wonosobo foto bersama dengan Bupati Eko Purnomo dan jajaran Forkompinda usai dilantik. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

Paling Aktif

Menurut Amir Machmud NS, PWI Wonosobo termasuk Pengurus PWI yang paling aktif di Jawa Tengah. Karena selama kepengurusan sebelumnya, telah melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan tiap tahun menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

“Selama ini, PWI Wonosobo telah menjalin relasi yang baik dengan mitra kerja seperti jajaran legislatif, eksekutif, yudikatif dan dunia usaha,” tutur Amir yang juga menjabat sebagai Pemimpin Umum Media Online SUARABARU.ID.

PWI Jawa Tengah, imbuhnya, terus mendorong agar insan jurnalis di masing- masing daerah turut aktif sebagai bagian dari elemen masyarakat yang mengilhami pembangunan daerah. Peran pers bagi pemerintah dan masyarakat sangat strategis sebagai penyampai informasi.

“Mari bersama-sama, wartawan yang tergabung di PWI terus menghidupi organisasi, bukan malah sebaliknya justru mencari hidup dari PWI. Jadikan PWI sebagai rumah besar untuk semakin memperkuat dan memperkokh NKRI,” tandasnya.

Kapolres AKBP Abdul Waras SIK yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan wartawan di Wonosobo sejauh ini tidak pernah membikin berita yang berpotensi mengganggu keamanan di wilayah tapi justru banyak membantu suasana tetap kondusif.

Sementara itu, Ketua DPRD Afif Nurhidayat menyampaikan Wonosobo di tahun 2020 merupakan era muhasabah atau introspeksi diri terhadap apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

Pemkab Wonosobo harus mampu menjabarkan visi-missi pemerintah pusat di daerah.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here