blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menyerahkan bantuan beasiswa kepada putra-putri PNS yang tidak mampu. Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT ke 48 Korpri. Foto : Hana Eswe. Dalam rangka HUT Korpri, HGN dan HUT PGRI, Bupati minta keseluruhan untuk meningkatkan SDM menjadi lebih unggul dan bermanfaat untuk melayani seluruh komponen masyarakat. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Pada HUT ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mengajak seluruh pegawai anggota KORPRI melayani secara utuh dan nyata kepada seluruh komponen masyarakat dan selalu berperan aktif, membangun citra abadi negara dan masyarakat, serta mampu mendorong inovasi baru dalam membangun dan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Hal tersebut dikarenakan Korpri merupakan satu-satunya wadah bagi PNS RI dan sebagai tulang punggung pemerintahan yang mewakili birokrasi.

“Korpri dituntut bersikap netral dan professional serta berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai pendorong sukses menuju bangsa yang maju dan sejahtera. Selaras degan tema peringatan HUT ke 48 Korpri tahun 2019 yaitu Korpri, berkarya, melayani dan menyatukan bangsa,” jelas Sri Sumarni, saat memberikan sambutannya pada upacara HUT Korpri yang dibarengi Hari Guru Nasional dan HUT PGRI, Jumat (29/11).

Upacara ini dilaksanakan di Alun-alun Purwodadi dan dihadiri Bupati Grobogan beserta seluruh jajaran Forkopimda, para pegawai Korpri dan guru se Kabupaten Grobogan. Di hadapan para peserta upacara, Sri Sumarni mengapresiasi Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Grobogan yang telah membentuk dan menyelenggarakan sosialisasi penyamaan persepsi kedudukan dan fungsi lembaga konsultasi badan hukum (LKBH) Korpri bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Keberadaan lembaga konsultasi dan bantuan hukum Korpri sebagai upaya tindak lanjut implementasi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang mengamanatkan Korpri memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota Korpri terhadap dugaan pelanggaran masalah hukum dalam melaksanakan tugas,” ucap ibunda Indri Velawati ini.

SDM Unggul

Selain memberikan arahan terkait hari jadi ke 48 Korpri, Bupati Sri Sumarni juga memberikan amanatnya kepada para guru se Kabupaten Grobogan. Hal tersebut disampaikannya dalam rangka HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional. Dikatakan Sri Sumarni, tema peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia yang unggul dimaksudkan untuk menngkatkan kapasitas dan kualitas suatu bangsa.

blank
Dalam rangka HUT Korpri, HGN dan HUT PGRI, Bupati minta keseluruhan untuk meningkatkan SDM menjadi lebih unggul dan bermanfaat untuk melayani seluruh komponen masyarakat. Foto: Hana Eswe.

“Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas, baik secara fisik maupun mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa. Namun, juga dalam mendukung pembangunan. Ini yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu,” tambahnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati turun ke lapangan guna memberikan piala kepada pemenang lomba yang diadakan dalam rangka HUT ke 48 Korpri. Selain itu, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada putra-putri PNS yang tidak mampu.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyerahkan pembayaran manfaat tabungan hari tua (THT) JKK Tewas dan Polis Beasiswa kepada dua janda PNS. Keduanya merupakan istri dari almarhum suami yang meninggal dunia saat hidupnya berstatus PNS. Mereka yakni, Yumna Budjang, istri dari M. Yuristianto dan Sulikah, istri dari Abdul Patah.

Suarabaru.id/Hana Eswe.