blank
Personel Polsekta Wonogiri Kota bersama petugas medis dari Puskemas, melakukan penanganan dan pemeriksaan pada korban tewas oleh api pembakaran sampah.

WONOGIRI –  Dua orang warga Kabupaten Wonogiri, dilaporkan tewas secara mengenaskan di lokasi terpisah. Yakni di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota, orang meninggal karena terjebak api pembakaran sampah di ladangnya sendiri. Kemudian yang di Kecamatan Ngadirojo, orang tewas diduga karena bunuh diri dengan cara gantung diri.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsekta Wonogiri Kota AKP Budiyono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, temuan orang tewas karena terpanggang api pembakaran sampah, menimpa Kakek Suratno (70) warga Dusun Kedungareng RT 2/RW 1, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Pria usia sepuh kelahiran Wonogiri Tanggal 19 September Tahun 1949 ini, Rabu petang (27/11), ditemukan tewas di ladangnya dengan menderita luka bakar parah.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian menyebutkan, Suradi (50), warga Dusun Kedungareng RT 2/RW 1, saat pulang njagong dari rumah orang punya hajatan, secara tidak sengaja menemukan Kakek Suratno tergeletak di ladang belakang rumahnya. Temuan ini, segera diberitahukan kepada Beni Hutomo (43) warga Dusun Godean RT 4/RW 4, Desa Sendang, yang kebetulan melintas di dekat lokasi temuan korban. Kedua saksi ini, kemudian mendekatinya dengan maksud untuk menolong.

blank
Petugas Polsek Ngadirojo Polres Wonogiri, didampingi personel dari Koramil, melakukan penanganan dan pemeriksaan pada mayat korban bunuh diri.

Tapi, saat ditemukan oleh kedua saksi tersebut, korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa. Segera temuan orang tewas dengan luka bakar parah ini, dilaporkan ke pamong desa dan diteruskan ke Polsekta Wonogiri Kota. Polisi bersama tim medis dari Puskesmas Wonogiri-2, melakukan penanganan dan pemeriksaan di lokasi. Petugas mendapat keterangan dari pihak keluarga, bahwa korban memiliki riwayat sakit jantung dan sampai kini masih dalam proses pengobatan. Usai diperiksa, mayat korban diserahkan ke pihak keluarga dengan disaksikan pamong desa untuk dimakamkan.

Sementara itu dari Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Ny Sutini (57) warga Dusun Pule RT 1/RW 10, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Selasa pagi (26/11) ditemukan tewas diduga bunuh diri dengan cara gantung diri. Kepada petugas, Saksi Sigit Kamsino (32), menyatakan, pagi-pagi berusaha mencari korban dan menemukannya dia tewas di kamar tidur. Bersama Saksi Siradi (45), temuan ini segera dilaporkan ke perangkat desa dan diteruskan ke Polsek Ngadirojo.

Menyikapi laporan tersebut, petugas Polsek Ngadirojo Aiptu Suratman segera mendatangi ke lokasi untuk melakukan penanganan bersama personel Koramil setempat Serka Gunawan, dan tim medis Puskesmas Ngadirojo pimpinan Mantri Kesehatan Suyanto. Bersama itu, petugas mengamankan seutas tali sepanjang kurang lebih 1 Meter. Usai pemeriksaan, mayat korban diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

suarabaru.id/Bambang Pur