blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (berpeci) menyerahkan hadiah kepada wajib pajak pada Gebyar Pajak Daerah 2019 di Gedung Setda Rabu, 27/11.(Foro:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Hotel Meotel Dafam Kebumen kembali dinobatkan sebagai Hotel Teladan yang taat membayar pajak. Bahkan penghargaan yang diraih hotel bintang tiga di Jalan Ahmad Yani Kebumen tersebut merupakan kali yang ketiga.

Tahun ini ada tiga hotel yang masuk nominasi untuk kategori hotel yaitu Hotel Dunia Gombong, Hotel Sejahtera Jalan Pemuda Kebumen serta Hotel Meotel Dafam Kebumen. Piagam penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH pada acara Pemberian Apresiasi Kepada Wajib Pajak Teladan dan Undian Pemacu Pembayaran Pajak Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2019 di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Rabu 27/11.

Kegiatan Gebyar Pajak Daerah tersebut diprakarsai Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kebumen yang memberikan penghargaan untuk 13 kategori wajib pajak yang telah memberikan kontribusi pembayaran pajak usahanya.

Bappenda juga memberikan penghargaan kepada wajib pajak lainnya. Untuk kategori pajak restoran diraih Quick Chiken Jadi Baru, kategori pajak hiburan diraih Game Mitra Gombong. Selanjutnya untuk kategori pajak reklame diraih Karya Satria Purwokerto, kategori pajak parkir diraih Jadi Baru, kategori pajak air tanah diraih RSUD dr Sudirman Kebumen.

Pajak Rumah Tangga

Kategori pajak minerba (MBLB) diraih Karya Adi Kencana, kategori pajak BPHTB diraih Notaris Darmono SH Gombong. Kategori pajak penerangan jalan diberikan kepada PLN Cilacap, kategori pajak sosial diberikan kepada SMA Negeri Gombong, kategori pajak rumah tangga diberikan kepada Juni Nuryadi, kategori bisnis diraih Herry Gunawan dan kategori industri diberikan kepada Hendri Hartanto dari Bakery Banana.

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam amanatnya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Kebumen yang telah menaati membayar pajak daerah untuk pembangunan Kabupaten Kebumen. Pajak yang telah dibayarkan kepadaPemkab itu dipergunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Sedangkan Kepala Bappenda Kebumen Aden Andri Susilo menjelaskan, pemberian penghargaan kepada wajib pajak daerah  teladan dan undian hadiah pajak daerah Kebumen itu untuk mengapresiasi para wajib pajak. Sebab mereka telah taat membayar pajak daerah sebagai bentuk pemenuhan kewajiban sekaligus partisipasi terhadap proses pembangunan di Kabupaten Kebumen.

Aden pun berharap melalui kegiatan tersebut mampu menjadi wahana interaktif antara pemerintah daerah dengan wajib pajak serta sebagai pemacu semangat dan kesadaran membayar pajak.”Dengan membayar pajak maka pajak daerah meningkat sehingga Kebumen akan menjadi maju, sejahtera dan bermartabat,”tandas Aden.

Suarabaru.id/Komper Wardopo