blank
Apel Binter terpadu Kodim 0728 Wonogiri, digelar di bibir perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Dalam kesempatan ini, Dandim Letkol (Inf) M Amrulloh (kiri depan) menyerahkan bantuan bibit untuk gerakan massal tanam penghijauan.

WONOGIRI – Kodim 0728 Wonogiri, Sabtu (23/11), menggelar apel kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu Tahun 2019. Apel digelar di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, dipimpin Dandim Letkol (Inf) M Heri Amrulloh SSos, MH. Lokasi apel berada di wilayah bibir perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.

Periwra Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Lettu (Inf) Nurhadi, menyatakan, apel kegiatan Binter terpadu kali ini mengambil tema ”Melalui kegiatan pembinaan teritorial untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan mempererat komunikasi sosial masyarakat dalam menjaga kemanunggalan TNI dan rakyat.”

Apel di wilayah chatment area (daerah pengaliran) Waduk Gajahmungkur Wonogiri ini, diikuti oleh dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, Kompi generasi muda FKPPI, Pramuka, pamong desa, tokoh masyarakat dan penduduk. Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, terletak di bibir timur laut perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.

blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh memimpin gerakan tanam penghijauan di bibir perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Ini dilakukan bersamaan dengan gelar apel Binter Terpadu.


Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh, dalam amantanya menyatakan, program pembinaan teritorial terpadu di wilayah BinterĀ  Kecamatan Wonogiri ini, merupakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat secara terpusat, dengan tujuan untuk memberdayakan wilayah ketahanan, guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh, sesuai dengan tema yang di usung dalam kegiatan Binter.

Kata Dandim, program pembinaan teritorial Kodim 0728 Wonogiri kali ini dipusatkan di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, dengan melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon penghijauan. ”Diharapkan, kegiatan penghijauan ini bisa menyentuh masyarakat, guna mempererat hubungan komunikasi sosial masyarakat, dalam menjaga kemanunggalan TNI dan rakyat, serta penguatan motivasi kesadaran bela negara pada generasi muda, anak sekolah dan masyarakat,” jelasnya.

Berkaitan ini, Kodim Wonogiri juga menjalin komunikasi sosial dengan mengundang Warakawuri dan Pebabri yang ada di Kabupaten Wonogiri, guna mempererat hubungan tali silahturahmi. Untuk Wanwil (Pertahanan Wilayah), diundang pula para pengurus dan anggota Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan pelajar yang ada di Wonogiri. Mereka diberikan materi Wasbang (Wawasan Kebangsaaan), dengan tujuan agar dapat mencintai Tanah Air dan merawat ke-Bhinnekaan, serta untuk dapat menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa.

suarabaru.id/Bambang Pur