Bagikan
Kabid Tata Lingkungan DLH Grobogan, Tri Retno Indriati, saat melakukan pemeriksaan PHO Taman Simpang Lima Purwodadi yang sudah selesai pembangunannya pada tahap II ini. Foto :Hana Eswe.

GROBOGAN – Pembangunan Taman Simpang Lima Purwodadi tahap II sudah selesai. Rencananya, ikon Kota Purwodadi ini akan diresmikan pada akhir tahun 2019 bersamaan dengan peresmian taman-taman lainnya yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Grobogan.

Pernyataan tersebut diterangkan langsung Kabid Tata Lingkungan DLH, Tri Retno Indriati usai pemeriksaan PHO Taman Simpang Lima Purwodadi, Rabu (20/11). Hadir dalam pemeriksaan tersebut, tim pemeriksa dari Kejaksaan Negeri Grobogan tim kontraktor pembangunan dari CV Bella, tim supervisi, serta perwakilan LSM dan wartawan.

Dalam pemeriksaan ini ditemukan pohon bungur yang kondisinya belum hidup sehingga pelaksana berkewajiban untuk menggantinya. Foto : Hana Eswe.

“Hari ini kita melakukan pemeriksaan PHO Taman Simpang Lima Purwodadi. Hasil dari pemeriksaan, semua kegiatan sudah sesuai dengan RAB. Hanya saja, masih ada beberapa yang perlu diperbaiki seperti pohon bungur kuning yang belum hidup karena tadi dilihat kondisinya antara hidup atau mati. Jadi, pelaksana harus bersedia menggantinya. Pelaksana juga punya kewajiban memelihara bangunan fisik dan tanaman selama enam bulan,” ujar perempuan yang akrab disapa Indri ini.

Dalam pembangunan Taman Simpang Lima Tahap II ini, tampak lebih cantik dan indah. Kecantikan itu terlihat dari nuansa pewarnaan cat dominan merah, abu-abu, biru muda, putih dan hijau yang dipergunakan untuk berbagai fasilitas yang menjadi pelengkap dalam taman ini. Di samping itu, fasilitas pendukung lebih banyak menggunakan kecanggihan teknologi seperti lampu sorot menara, kran air otomatis untuk menyiram rumput serta ornamen lampu hias di tiap sudut taman ini.

Dikatakan Indri, anggaran untuk pembangunan Taman Simpang Lima Tahap II senilai Rp 5,9 miliar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk pengerjaan taman, jogging track, pembangunan drainase, pembersihan dan pemasangan lampu sorot tower air, street furniture, CCTV hingga penanaman aneka tanaman dan pohon, mempercantik tower serta pembongkaran pagar yang sebelumnya berada di sekeliling tower.

“Rencananya nanti akhir Desember, Taman Simpang Lima Purwodadi ini akan diresmikan bersamaan dengan taman-taman lainnya yang dibangun DLH pada akhir Desember 2019. Taman-taman yang dimaksud antara lain, Taman Adipura, Taman Soekarno, Taman Segitiga Emas serta Taman Kuliner,” ujar Indri.

suarabaru.id/Hana Eswe.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here