blank

Bunda Paud Christanti Handayani SE meninjau stand penelitian anak. Foto:SB/Tuhu

 

KOTA MUNGKID – Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, Selasa (19/11), memperoleh penghargaan dari Leprid (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) atas diselenggarakannya Festival Ilmuwan Cilik.

“Kegiatan itu sungguh luar biasa. Diikuti lebih dari 2700 murid Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) dan 100 stand penelitian yang bersifat edukatif,” kata Paul Pangka, Ketua Umum Leprid

Menurut dia, ilmuwan Indonesia kebanyakan dari disiplin ilmu sosial. Melalui Festival Ilmuwan Cilik ini, diharapkan anak-anak lebih cinta kepada matematika, seni, teknologi dan sains.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, mengatakan, Festival Ilmuwan Cilik sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul. Yakni anak-anak yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

“Festival Ilmuwan Cilik memaksimalkan seluruh potensi anak,” katanya.

Bunda Paud Kabupaten Magelang, Christanti Handayani SE, mengatakan, setiap peserta diminta secara langsung membuat karya dengan konsep bermain.

“Tetapi sebenarnya mereka sedang belajar dan melakukan sebuah penelitian. Itu salah satu metode yang dikembangkan Pusat Pengembangan Paud Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dan ini adalah kali pertama di Indonesia,” tuturnya.

Festival Ilmuwan Cilik itu sesuai dengan metode STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika) dengan konsep pendekatan yang berbeda.

Kegiatan dilaksanakan Disdikbud Kabupaten Magelang bersama PP Paud Pendidikan Masyarakat Jateng. Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro.