blank
Didier Deschamps/dok

PARIS – Didier Deschamps mencatat milestone bersama Les Bleus. Pelatih timnas Prancis berusia 51 tahun itu sudah memimpin dalam 100 pertandingan. Milestone didapatnya saat Si Biru menang 2-0 atas tuan rumah Albania pada laga terakhir kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H, Senin (18/11) dini hari WIB. Dua gol tim tamu dicetak Corentin Tolisso dan Antoine Griezmann.

Bagi Deschamps, catatan 100 laga ini terbilang spesial. Dia menjadi pelatih resmi pertama Les Bleus yang mampu memimpin partai sebanyak itu. Mantan gelandang ini menukangi Si Ayam Jantan sejak 2012. Selama dipegang eks pemain Juventus, Chelsea, dan Marseille itu dia mencapai dua final bergengsi, yakni Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Deschamps menjadi pelatih pertama yang mampu mengantar negaranya ke dua final tersebut. Dari dua final itu, Piala Dunia 2018 berhasil dimenangi Hugo Lloris dan kolega. Adapun statistik Prancis selama dipegang Deschamps adalah meraih 65 kemenangan, 18 seri, dan 17 kali kalah. Persentase kemenangannya mencapai 65 persen.

“Saya tersentuh oleh apa yang orang katakan tentang permainan saya yang ke-100,” ujar Deschamps seperti dilansir Fox Sports. “Saya bergantung pada para pemain dan beberapa dari mereka telah bersama saya sejak awal perjalanan. Ada kebanggaan pribadi, tapi yang terpenting saya bangga dengan pemain saya dan semangat mereka,” tegasnya. (rr)