blank
Rektor IAINU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI mewisuda salah satu wisudawan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana di Hotel Mexolie, Sabtu,16/11.(Foto:Suarabaru.id/Komper Wardopo)

KEBUMEN – Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) di Jalan Tentara Pelajar 55B Kebumen, Sabtu (16/11) ini berhasil mewisuda sebanyak 433 lulusan. Mereka terdiri atas 270 lulusan program strata satu (S1) dan 163 program pascasarjana (magister) .

Acara tersebut dihelat dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana IAINU Kebumen Tahun Akademik 2019/2020 di Hall Hotel Mexolie Panjer, Kebumen, dipimpin oleh Ketua Senat sekaligus Rektor IAINU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI, didampingi Wakil Rektor I Fikria Najitama MSi , dan Wakil Rektor II Faizal MAg serta segenap anggota Senat.

Hadir pada acara yang berlangsung khidmad dan meriah itu Sekretaris Kopertais X Jateng Dr Ruswan MA, Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif al Hasani, Ketua PCNU Kebumen KH Drs Moh Dawamudin Masdar MAg, Kepala Kemenag Kabupaten Kebumen H Panut, Ketua YPPNU H Maruf Widodo MPdI, tamu undangan serta keluarga wisudawan dan wisudawati.

Adapun rincian wisudawan sarjana dari Fakultas Tarbiyah Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 184 lulusan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 24 sarjana , Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 22 sarjana.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Prodi Ekonomi Syariah 19 sarjana, serta Fakultas Ushuludin, Syariah dan Dakwah (Usada) Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) 5 sarjana, Prodi Ahwal Assyahsiyah (Hukum Keluarga  Islam) 7 sarjana. Untuk Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) meluluskan 163 magister bergelar  MPd.

Gunakan Dua Bahasa

Ada yang menarik ketika wakil wisudawan atas nama Mohammad Masruh dari Prodi PAI Fakultas Tarbiyah yang didapuk menyampaikan sambutan mewakili wisudawan dengan lancar dan tenang menggunakan dwi bahasa, Inggris dan Arab, mendapat aplaus dari hadirin. Tak pelak Rois Syuriyah PCNU Kebumen pun memuji kefasihan bahasa Arab wisudawan tersebut. Masruh merupakan alumni yang berlatar belakang santri dan saat ini juga telah mengabdi di sebuah madrasah di Desa Dorowati, Kecamatan Klirong.

Rekto IAINU Kebumen Imam Satibi mengharapkan kepada para wisudawan agar mampu menjadi duta moderasi Islam dan moderasi beragama di seluruh Tanah Air di tengah ancaman radikalisme dan perang dagang serta dampak kecepatan teknologi di era disruption. Apalagi selama  kuliah di IAINU Kebumen, mahasiswa dibekali dengan teknik skill sesuai dengan kompetensi program studi, serta ditanamkan  pemahaman Islam yang Rahmatan lil Alamin serta wawasan kebangsaan.”Kepada wisudawan S1 yang mau langsung lanjut S2  kami berikan hadiah  beasiswa 80 persen,”tandas Imam Satibi.

Sekretaris Kopertais X Jateng Ruswan menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati IAINU Kebumen. Pihaknya mengapresiasi para lulusan yang berasal dari berbagai daerah di Jateng, serta dari Lampung, Sumatera dan Kalimantan.”Harapan kami ke depan mahasiswa IAINU Kebumen semakin banyak yang berasal dari luar Jateng,”ujar Ruswan seraya berpesan agar lulusan IAINU Kebumen selalu menjadi pioner dalam mengamalkan ukhuwah Islamiyah  serta menyebarluaskan nilai-nilai Islam yang sejuk, Islam yang damai dan mencegah radikalisme.

Sedangkan Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif yang karib disapa Gus Afif mendoakan kepada semua wisudawan dan wisudawati IAINU Kebumen selain memiliki kemampuan ilmu juga bisa mengamalkannya di masyarakat.”Khairun naas anfa’uhum lin- naas. Sebaik-baiknya manusia adalah  yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan masyarakat,”ujar Gus Afif yang juga pengasuh Ponpes Al Kahfi Somalangu, Kebumen.

Suarabaru.id/Komper Wardopo