blank
Ketua Yayasan Borobudur Marathon. Liem Chie An

SEMARANG (SB.id) – Respon positif dari pelari Tanah   Air, internasional, pelaku ekonomi dan pariwisata  di Kabupaten Magelang terhadap even Borobubur Marathon (Bormar) 2019 yang akan digelar Minggu (17/11) lusa, membuat Ketua Yayasan BorMar Liem Chie An kian termotivasi.

Dia mengajak seluruh stakeholders untuk berkolaborasi makin erat  demi menjadikan BorMar benar-benar sebagai kebanggaan bukan saja warga Magelang dan Jawa Tengah, tetapi juga bangsa Indonesia.

”Dari yang saya baca secara intens melalui pemberitaan media selama persiapan Borobudur Marathon 2019 ini, respons masyarakat di sekitar Borobudur makin bagus. Para pelaku ekonomi seperti pemilik homestay dan para penduduk merasa bahwa event sport tourism ini benar-benar memberi manfaat besar yang setiap tahun ditunggu. Ini memotivasi saya untuk terus mengevaluasi agar ke depan lebih baik, dan lebih baik lagi,” kata Chie An saat dihubungi Kamis (14/11).

Dia tak menampik, apresiasi serta respon masyarakat itu makin menyemangati dirinya dan panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan. ”Saya bertekad dari tahun ke tahun event ini makin berkembang. Bukan hanya pengakuan dari masyarakat internasional sebagai salah satu maraton terpenting, tetapi juga pengakuan luas warga masyarakat tentang manfaat Borobudur Marathon bagi mereka dan branding pariwisata candi,” kata lelaki yang akrab disapa Kingkong tersebut.

Nasionalisme

Lebih jauh, dia juga berharap,  event ini perlu diangkat sebagai salah satu “pengetahuan wajib” dalam kurikulum pendidikan olahraga dan pariwisata yang harus dikuasai oleh anak-anak sekolah dasar dan menengah. ”Ini sebagai bagian cara menebalkan jiwa nasionalisme dan kebanggaan kepada potensi besar negerinya,” imbuhnya.

Panitia penyelenggara Lukminto Wibowo menjelaskan, mulai Kamis (14/11) sudah melakukan pengambilan racepack (peralatan lomba) di Artos Mall. Pada mal tersebut, juga akan digelar race expo dan Pasar Harmoni yang akan menjual pernik-pernik BorMar pada 14-16 November.

”Tak ketinggalan sebelum lomba, diadakan juga friendship run pada hari Sabtu (16/11) mulai pukul 05.30 di komplek Candi Pawon Magelang,” katanya.

Suarabaru.id/Tim