blank
Rumah milik Karman di Dusun Watuploso, Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, rusak bagian depannya karena tertimpa pohon Petai yang tumbang.

WONOGIRI – Bencana angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang, terjadi lagi di Kabupaten Wonogiri. Kali ini melanda dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Jatisrono dan Kecamatan Bulukerto. Menyebabkan dua buah sepeda motor baru beserta sebuah mobil pikap pengangkutnya, rusak tertimpa pohon tumbang.

Bencana tersebut juga menyebabkan seorang pengendara sepeda motor mengalami luka ringan, dan sebuah rumah warga rusak karena tertimpa pohon tumbang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (13/11), menyatakan, bencana angin kencang atau puting beliung tersebut terjadi Selasa sore (12/11).

Untuk wilayah Kecamatan Jatisrono, bencana puting beliung itu terjadi di Kilometer 35 ruas jalan raya antarpropinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim), tepatnya di wilayah Dusun Sambijajar RT 2/RW 5, Desa Sambirejo. Di tempat ini, sebuah pohon turus (peneduh) jalan jenis Akasia, tumbang menimpa mobil pikap yang tengah mengangkut dagangan dua buah sepeda motor dari dealer.

Kata Bambang, bencana itu telah menyebabkan dua sepeda motor baru dan mobil pikap pengangkutnya rusak. Tapi pengemudinya selamat. Ada sebagian ranting pohon yang tumbang, mengenai seorang pengendara sepeda motor. Dia adalah warga dari Desa Gelang Kabupaten Ponorogo, Jatim, dan mengalami luka ringan.

Pohon yang tumbang melintang jalan tersebut, sempat memacetkan arus lalu-lintas antarprovinsi. Untuk penanganan darurat, diupayakan kerja bakti gotong royong, guna menyingkirkan pohon yang tumbang melintang jalan. Guna mempercepat penanganan di lokasi, diturunkan relawan siaga bencana, dibantu pamong desa, petugas Polsek dan Koramil Jatisrono.

Sementara itu, dari Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan juga terjadi bencana yang sama. Angin kencang disertai turunnya hujan deras, melanda wilayah Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Menyebabkan puluhan pohon karangkitri (penghijauan) tumbang. Salah satu pohon yang tumbang di Dusun Watuploso, Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, telah menyebabkan rusaknya sebuah rumah hunian warga. Yakni rumah milik Karman, warga RT 6 Dusun Watuploso. Rumah Karman rusak di bagian depannya, karena teretimpa pohon Petai (Pete) yang tumbang.

Tim siaga bencana dari BPBD Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/11), meluncur ke lokasi bencana untuk melakukan tindak lanjut penanganan pemulihan dan sekaligus memberikan bantuan logistik kepada korban. Langkah pemulihan, dilakukan bersama pamong desa dan masyarakat, serta dibantu oleh personel dari Polsek, Koramil dan aparat dari Kantor Kecamatan Bulukerto beserta para relawan siaga bencana tingkat desa.

suarabaru.id/Bambang Pur