blank
Para prajurit TNI dari unsur Babinsa bersama jajaran Koramil Kodim 0728 Wonogiri, melakukan kerja bakti membantu korban bencana puting beliung.

WONOGIRI – Bencana puting beliung, terjadi lagi di Kabupaten Wonogiri. Disertai hujan deras, Senin sore (11/11), puting beliung menerjang Desa Jendi Kecamatan Girimarto, menyebabkan setidak-tidaknya 8 rumah warga dan sebuah gedung Taman Kanak-kanak (TK) rusak. Ini menjadi bencana puting beliung keduakalinya di Wonogiri dalam kurun waktu tiga hari terakhir ini, setelah sebelumnya bencana tersebut melanda di Kecamatan Sidoharjo dan Jatisrono.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, puting beliung di Desa Jendi, Kecamatan Girimarto tersebut menerjang Dusun Losari dan Nglorog. Merusak rumah milik Karmanto, Kartodikromo Suyat, Abdul Rohim, Ny Samiyem, Samiko, Sukatman, Pardi, Ny Darni, serta sebuah gedung TK.

Tidak ada korban jiwa, tapi beberapa pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik yang menyebabkan terjadinya padam lampu. Juga berdampak macetnya hubungan darat, karena ruas jalan terhalangi pohon yang tumbang. Langkah darurat untuk pemulihannya dilakukan setelah hujan reda, oleh pamong desa, relawan tanggap bencana dan warga masyarakat. Tindak pemulihan dengan kerja bakti massal secara gotong royong ini, akan dilanjutkan Selasa (12/11). Pihak BPBD memberikan bantuan logistik, dan mengkoordinasikannya dengan PLN untuk langkah pemulihan jaringan listirk.

Gerakan kerja bakti massal, juga dilakukan untuk upaya pemulihan terhadap 94 unit rumah warga yang rusak karena diterjang puting beliung di Kecamatan Sdioharjo dan Jatisrono. Kerja bakti gotong-royong ini, melibatkan jajaran TNI, Polri, aparat dari kecamatan, relawan siaga bencana dari BPBD, pamong desa dan masyarakat.

Seperti pernah diberitakan, bencana puting beliung Sabtu sore (9/11) menerjang dua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yakni Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Jatisrono. Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, jumlah rumah warga yang rusak di Kecamatan Sidoharjo sebanyak 69 unit. ”Perinciannya yang rusak sedang sebanyak 5 unit dan rusak ringan sebanyak 64 unit,” jelasnya. Rumah yang rusak tersebut, merupakan milik warga di tiga desa, yaitu Desa Widoro, Mojoreno dan Ngabeyan.

Untuk wilayah Kecamatan Jatisrono, jumlah rumah yang rusak karena diterjang puting beliung sebanyak 25 unit, perinciannya yang rusak ringan sebanyak 24 unit dan rusak kategori sedang satu unit. Lokasinya berada di lima desa, yakni Desa Gunungsari, Watusomo,  Sambirejo,  Pandeyan dan Desa Tanjungsari. Kepada para korban, telah diberikan bantuan logistik dari BPBD Kabupaten Wonogiri.

Danramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Subandi, turun langsung memimpin jajarannya untuk membantu kerja bakti di lokasi bencana. Bersama relawan siaga bencana, pamong desa dan warga masyarakat, dilakukan pembersihan puing-puing reruntuhan rumah, dan menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang. Kepada warga diminta untuk waspada, ketika datang hujan di awal musim rendengan, karena biasanya disertai bencana angin. Imbauan sama, juga disampaikan oleh Babinsa Watangsono Pelda Agus Setyawan, yang ikut melakukan gotong royong kerja bakti di lokasi bencana.

suarabaru.id/Bambang Pur