blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang dan Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan memotong pita menandai peresmian Terminal Tipe C Karanggayam, Senin,11/11.(Foto: Suarabaru.Id/Ist)

KEBUMEN – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz meresmikan Teminal Tipe C di Kecamatan Karanggayam, Senin (11/1). Terminal yang melayani angkutan umum pedesaan itu dibangun dengan anggaran senilai Rp 339 juta.

Acara dihadiri Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Dinas Perhubungan RAI Ageng Sulistyo Handoko, Kepala Satpol PP R Agung Pambudi serta Camat Karanggayam Wikan Tris Junanto.

Menurut Bupati Yazid Mahfudz, terminal bisa menjadi sebuah langkah penting tahap awal membuka peluang perubahan di segala aspek. Sebab salah satu kunci kemajuan suatu wilayah adalah kelancaran transportasi.”Kecamatan Karanggayam salah satu wilayah  dengan kemiskinan tertinggi sehingga diharapkan melalui adanya sarana terminal mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahateraan masyarakat,”ujar bupati.

Yazid Mahfudz juga menegaskan, sebagai sarana umum, terminal adalah milik bersama. Kelemahan selama ini adalah pandai membangun, namun tidak pandai meraw at.  Terminal tersebut perlu dijaga bersama, dirawat bersama dan digunakan secara baik agar memberikan manfaat yang maksimal serta dalam jangka waktu yang lama.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen Ageng Sulistyo Handoko menjelaskan, Terminal Tipe C Kecamatan Karanggayam di utara kota Karanganyar itu dibangun menggunakan dana APBD 2019 senilai Rp 339 juta. Pekerjaannya dilaksanakan oleh CV  Fajar Ghaisah dan Konsultan Pengawas CV Piramid Kreasi Mandiri. Pekerjaan dilaksanakan Juli sampai Oktober 2019.

Menurut Ageng, ada sekitar 50 angkutan pedesaan yang melayani tiga trayek di Kecamatan Karanggayam dan sekitarnya. Meliputi trayek Karanganyar-Karanggayam- Kajoran-Ginandong sebanyak 22 kendaraan. Trayek Karanganyar-Karanggayam-Soma sebanyak 20 angkutan, dan trayek Karanganyar- Karanggayam-Kebakalan sebanyak 6 kendaraan.

Peresmian Terminal Tipe C Karanggayam itu ditandai dengan pembubuhan tanda tangan prasasti, pemotongan pita dan peninjauan terminal. Bersamaan itu Bupati Yazid Mahfudz juga meresmikan dan memberikan nama Mushala Puskesmas Karanggayam, serta menyerahkan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil di Kecamatan Karanggayam.

Suarabaru.id/Komper Wardopo