blank
MEDALI EMAS: Rasendriya Albinakhlah menjadi yang terbaik pada ajang Kejurnas Piala Walikota Solo ke-VI, 19-20 Oktober 2019. Albin menyabet emas di nomor 500 meter. (suarabaru.id/dok pribadi)

SOLO, SUARABARU.ID – Atlet sepatu roda asal Kota Surakarta, Rasendriya Albinakhlah menorehkan catatan manis di kancah nasional dalam tiga kejuaraan berbeda.

Atlet yang akrab disapa Albin tersebut total meraih enam medali emas dan tiga perak di kejuaraan berbeda.

Mendulang dua emas dan satu perak di Kejurnas Hamengkubowono Cup di Sirkuit Stadion Sultan Agung, Bantul, 27–29 September, Albin menjadi yang terbaik dari nomor ITT 200 Meter dan 500 meter, serta perak di nomor 1.000 meter.

Prestasinya berlanjut pada ajang Kejurnas Piala Walikota Solo ke VI, 19-20 Oktober. Putra pasangan Isa Safitri dan Novi Aris Marlianto itu menyabet emas di nomor 500 meter dan perak ITT 300 meter dan marathon 16 kilometer.

Lalu terakhir di Kejurnas Bupati Malang Cup 2019, 8-10 November ini, Albin memboyong tiga emas dan satu perak. Emas dari nomor marathon, 500 meter, dan ITT 200 meter, serta perak dari nomor 1000 meter.

Kepada Suarabaru.id, Albin mengaku termotivasi untuk terus menunjukkan performa apik. Perfomanya yang terus meroket, Albin berhara bisa menembus skuat PON Jateng dan SEA Games periode mendatang.

“Kalau di PON tahun depan tidak bisa karena program pelatda sudah berjalan. Harapan saya di even serupa selanjutnya,” kata Albin, Minggu (10/11).

Sebagai jagoan di kelas jarak pendek, siswa kelas 2 SMPN 1 Surakarta itu menilai persaingan selama kejuaraan cukup berat. Apalagi dirinya harus menghadapi lawan lebih senior di beberapa nomor.

“Bisa dikatakan bebrat, karena lawan lebih senior. Namun ini jadi kesempatan saya untuk mengasah mental juga. Jadi kalau nanti naik kelas usia tidak kaget,” ujar dia.

Jika Albin bisa mempertahankan performa, bukan tak mungkin tiket PON 2024 mendatang berhasil dirinya genggam untuk masuk skuat Jawa Tengah. Apalagi Jateng dikenal penyumbang atlet sepatu roda Indonesia.(ger)