blank
Rangkaian peringatan hari Pahlawan dan Hari Jadi ke- 185 Kabupaten Temanggung Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo didampingi forum pimpinan daerah setempat melakukan tabur bunga di atas jembatan Kali Progo di Kecamatan Kranggan, Temanggung. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

TEMANGGUNG– Memasuki usianya ke-185, Pemerintah Kabupaten Temanggung terus berupaya menekan angka kemiskinan yang saat ini masih berada di peringkat ke-14 dari 35 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

“Pengentasan warga dari kemiskinan menjadi prioritas pertama bagi pemerintahan M Al Khadziq dan saya (Heri Ibnu Wibowo) di tahun 2020 mendatang,” kata Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo usai tabur bunga di atas Jembatan Sungai Progo, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan dan Hari Jadi ke- 185 Kabupaten Temanggung, Minggu ( 10/11).

Heri mengatakan, selain program pengentasan kemiskinan yang menjadi prioritas utama, pihaknya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Temanggung dari berbagai sektor, baik sektor pertanian, pariwisata.

Di bidang pariwisata Pemerintah Kabupaten Temanggung berharap bisa menjadi destinasi wisata. Baik wisata alam, seni budaya dan wisata kuliner. “Juga dengan wisatawan yang banyak berkunjung ke Temanggung, tingkat perekonomian masyarakat Temanggung juga bisa meningkat. juga berharap wisatawan yang berkunjung ke Temanggung bisa lebih lama tinggal,” ujarnya.

Terkait peringatan hari Pahlawan dan Hari Jadi ke-185 Kabupaten Temanggung,sebelum pelaksanaan tabur bunga di jembatan yang pernah menjadi saksi bisu atas pembantaian warga sipil dan tentara  oleh penjajah  pada saat agresi II Belanda di Tahun 1949, dilakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Prayuda Mudal Pikatan.

Selain itu, pada Sabtu  ( 9/10) dilaksanakan Gerebeg Parakan  yakni kirab Songsong Djojonegoro  keliling Kota Parakan. Dan, pada malam harinya dilaksanakan  pergantian Songsong (payung )di makam mantan Bupati pertama Temanggung Adipati Djojonegoro
beserta Nyai Djojonegoro yang ada di belakang Masjid Agung Kauman  Temanggung.

Kepala Bagian Humas Pemkab Temanggung, Witarso Saptono Putro  mengatakan, Pemkab Temanggung juga menyiapkan berbagai macam acara untuk memeriahkan hari jadinya.

Seperti  panggung rakyat  (15/11 ) yang akan dilaksanakan  di  depan Kantor Kesbangpol dan seputar Tugu Adipura. Kemudian, Temanggung Night Carnival dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional dari 20 Kecamatan  akan  digelar pada Sabtu malam (16/11) dan juga kontes  sapi  di Pasar Hewan  Kranggan ( 16/11 ) .

Suarabaru.Id/ Yon