blank
Bagus Kahfi/dok

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 memastikan tempat di Piala Asia U-2020 Uzbekistan. Tiket itu didapat selepas Garuda Muda menahan imbang Korea Utara (Korut) 1-1 dalam pertandingan terakhir Grup K di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Minggu (10/11). Gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari dibobol lebih dulu oleh Kim Kwan-chong pada babak pertama.

Garuda Muda membalas pada paruh kedua melalui penalti Bagus Kahfi. David Maulana dan kolega menjadi juara grup dengan mengoleksi dua kemenangan dan satu kali imbang. Korut harus puas finis kedua dengan mengoleksi lima angka.

Sukses Indonesia sangat disyukuri pelatih Fakhri Husaini. Dia menilai skuadnya kurang tenang ketika di depan gawang lawan. Gol Korut tercipta dari tendangan keras di luar kotak penalti.

Sementara kubu Korut sangat terpukul. “Kami sudah berusaha memberikan yang terbaik. Seperti yang Anda lihat, saya tidak puas,” ungkap Pelatih Korut Pak Kyong-bong. Beberapa pemain Indonesia mengalami kram saat mendekati menit-menit akhir. Kyong-bong menilai itu sebagai bagian taktik mengulur waktu. “Setelah kedudukan imbang, para pemain Indonesia membuang waktu. Kami merasakan itu,” tegasnya. (rr)