blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo ketika melakukan acara "Tilik Desa" dan meninjau saluran air Si Geblok Dusun Lempong Desa Kalierang Selomerto. (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Musim hujan telah tiba. Di musim penghujan ini biasanya terjadi banyak musibah
bencana alam berupa banjir dan tanah longsor. Agar tidak terjadi banjir dan tanah longsor, warga diminta untuk membersihkan saluran air dari sampah.

Permintan tersebut disampaikan Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat melakukan kegiatan “Tilik Desa” di Desa Kalierang Selomerto Wonosobo. Kebetulan saat melintas menggunakan trail di saluran air Si Geblok Dusun Lempong Kalierang, banyak sampah di saluran air.

Acara “Tilik Desa” dengan menggunakan trail, diikuti Bupati dan jajaran Forkominda dan beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Wonosobo. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin di beberapa desa di 15 Kecamatan.

“Kegiatan semacam ini harus selalu dilakukan guna melihat secara langsung bagaimana kondisi warga di wilayah pedesaan, bukan hanya dilihat melalui foto dan laporan saja namun perlu bertemu langsung warga di lapangan,” kata Eko Purnomo, Minggu (10/11).

Sambil menyusuri saluran air, Bupati Eko Purnomo berkali-kali menyapa warga dan menyampaikan ajakan agar masyarakat terus menggiatkan gotong royong demi menjalin dan menjaga kebersamaan antar warga dan giat membersihkan sungai dari sampah.

Serahkan Bantuan

Terkait saluran air Si Geblok Desa Kalierang yang banyak sampah, Eko meminta warga meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dengan menjaga dan merawat saluran air agar bersih, sehat dan bebas dari sampah.

“Mari bersama-sama meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan, hilangkan kebiasaan buang sampah di sungai atau saluran air. Karena sampah yang menumpuk saluran akan mengakibatkan air tersumbat dan bisa menyebabkan banjir di musim hujan,” katanya.

Setelah dari Kalierang, perjalanan dilanjutkan ke Dusun Ngabean Desa Sumberwulan Selomerto. Bupati menyempatkan beramah tamah dengan warga setempat dan makan bersama dengan warga dengan santapan menu khas desa tersebut.

Usai makan bersama, untuk mengurangi rasa lelah karena perjalanan yang panjang dan panas, rombongan berjoget dan bernyanyi bersama warga sebelum melanjutkan ke pos berikutnya. Warga pun ikut menyanyi dan joget bersama.

Eko Purnomo juga sempat melakukan peletakan batu pertama pembangunan BUMDes Desa Sinduagung Selomerto. Perjalanan dilanjutkan menuju Dusun Kresek Desa Sinduagung untuk melaksanakan shalat Jumat bersama di Masjid Al Mustaqin.

Di Masjid Al Mustaqin, Bupati menyerahkan bantuan yang diterima Takmir Masjid setempat dan disaksikan jamaah shalat Jumat. Acara ditutup dengan obrolan bareng warga dan santri di Taman Pendidikan Alquran (TPA) diselingi rebana lagu-lagu islami.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka