blank
Dalam setiap gelar event CFD di Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, selalu dimeriahkan dengan pementasan budaya potensi lokal. Seperti Tari Kethek Ogleng ini misalnya, yang menari di ruas JLS.

WONOGIRI – Minggu (10/11) lusa, event Car Free Day (CFD) untuk Kota Wonogiri diliburkan. Sementara itu, CFD di Kecamatan Giritontro (65 Kilometer selatan Kota Wonogiri), akan dimeriahkan berbagai atraksi pentas budaya, senam aerobic massal dan olahraga ringan bersama serta penjualan aneka produk kuliner dan beragam hasil kerajinan masyarakat.

Sekda Wonogiri, Suharno, melalui surat dinas Nomor: 551.2/7097, menyebutkan, alasan untuk meliburkan event CFD atau Car Free Sundy (CFS) di Kota Wonogiri, Minggu (10/11), karena bersamaan di Alun-alun Giri Krida Bakti akan digelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2019. Lokasi alun-alun, menyatu dengan ruas Jalan Pemuda yang dipakai untuk area CFD.

Sekda Suharno minta, kepada dinas instansi terkait, dapat mensosialisasikan dan menyebarluaskan pengumuman liburnya CFD Kota Wonogiri pada Tanggal 10 Nopember 2019 ini, kepada masyarakat secara luas. Utamanya oleh Dishub, Dinas Koperasi UMKM dan Peridag, Diskominfo, Satpol-PP, Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Satlantas Polres Wonogiri.

Untuk pekan depan, yakni Minggu (17/11), CFD di Kota Wonogiri kembali akan digelar seperti biasa. Kepada semua pihak yang biasa terlibat dalam event keramaian setiap Minggu pagi tanpa kendaraan bermotor ini, dimohon pengertiannya. Termasuk kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang setia berjualan di event CFD tersebut, dan juga kepada komunitas senam aerobic serta warga masyarakat sebagai pelaku CFD.

Sementara itu, dari masyarakat Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, diperoleh keterangan bahwa event CFD di Giritontro Minggu (10/11), akan dimeriahkan dengan senam aerobic massal bersama dan olahraga ringan lainnya. Bersamaan itu, di event CFD Giritontro (60 Kilometer selatan Kota Wonogiri), akan dimeriahkan pula dengan atraksi sajian pentas budaya, pagelaran musik band, lomba foto selfie dan penjualan produk kuliner serta produk kerajinan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Gelar CFD Giritontro dicetuskan oleh Camat setempat, Fredy Sasono, dan mulai digelar Minggu (27/10) lalu. Lokasinya menggunakan sebagian ruas jalur lintas selatan (JLS) yang merupakan jalan raya antarprovinsi di lintas selatan-selatan, yakni Gunungkidul (DI Yogyakarta)-Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim). Ruas JLS yang dipilih untuk menggelar CFD Giritontro, berada di sisi timur Kantor Polsek Giritontro atau di selatan Masjid Dungklepu. Ketika penggal ruas JLS itu digunakan untuk CFD, arus lalu lintas dialihkan ke jalur lama lewat Giribelah.

suarabaru.id/Bambang Pur