blank
Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (kiri), melepas atribut pita menandai berkahirnya Operasi Mantab Brata. Ini dilakukan dalam apel yang digelar di halaman Mapolres.

WONOGIRI – Pada Tahun 2020 nanti, di Jateng akan digelar Pilkada serentak di 21 kabupaten/kota. Menyongsong pesta demokrasi serentak pemilihan bupati (Pilbup) dan pemilihan walikota (Pilwalkot) tersebut, Kapolda Jateng Irjenpol Dr Rycko Amelza Dahniel, minta, agar dapat dilakukan pencermatan terhadap evaluasi pelaksanaan Pemilu serentak yang digelar Tahun 2019 lalu.

Demikian ditegaskan Kapolda Jateng dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Rabu (6/11), dalam gelar apel konsulidasi berakhirnya Operasi Mantab Brata Candi 2018. Apel digelar di halaman Mapolres Wonogiri, dengan inspektur upacara Kapolres.

Disebutkan, selama pelaksanaan Operasi Mantap Brata Candi 2018, di Jateng terdapat 14 kasus tindak pidana Pemilu yang sampai ke tahap penyidikan. Dari jumlah itu, sebanyak 11 kasus telah dinyatakan P21 dan 3 kasus lainnya selesai dengan SP3. ”Ini tentunya menjadi bahan evaluasi penting bagi kita ke depan, untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak di Jateng yang pada Tahun 2020, yang akan dilaksanakan di 21 kabupaten kota,” tegasnya.

Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, apel konsulidasi diikuti oleh peleton Korsik, Kapolsek se jajaran, para periwra Polres, beserta peleton TNI dari Kodim 0728 Wonogiri dan Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo. Ikut serta apel, peleton Kanit Provos Polsek se Jajaran, Dalmas Sat Sabhara, Satlantas, para Bhabinkamtibmas, para staf, Sat Reskrim dan Sat Intelkamm, berikut peleton Linmas Kabupaten Wonogiri. Juga hadir Ketua dan para Anggota KPU dan Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Gelar apel konsolidasi yang dilaksanakan ini, merupakan bagian penting dari proses manajerial dalam rangka mengevaluasi seluruh kegiatan. ”Sekaligus menutup rangkaian pengamanan Pemilu yang telah dilaksanakan selama 296 hari dalam Operasi Mantap Brata Candi 2018,” tegas Kapolres.

Kepada seluruh jajaran, ditekankan agar segera mempersiapkan diri untuk melakukan berbagai upaya nyata, guna mendukung setiap kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah. Dengan demikian, akan terwujud keselarasan serta kesesuaian tujuan, yang mengarah pada apa yang menjadi fokus perhatian dari pemerintahan yang baru, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kapolres menambahkan, selama Operasi Mantab Brata Candi di Wonogiri, berlangsung sangat kondusif dan bahkan terkondusif se Jawa Tengah.

suarabaru.id/Bambang Pur