blank
Ilustrasi kain batik motif Korpri,

TEMANGGUNG- Kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Temanggung yang jauh dari harapan, Bupati Temanggung berupaya melakukan komunikasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi (PAN RB) untuk meminta tambahan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil.

blank
M Al Khadziq, Bupati Temanggung. Foto: Suarabaru.id/ Yon

Kita masih berusaha ke Kementerian PAN RB, supaya kuota penerimaan CPNS ini ditambahi lagi karena memang kebutuhan daerah sangat penting,” kata Bupati Temanggung M Al Khadziq,

Khadziq mengatakan, sebenarnya pihaknya mengajukan untuk mengajukan penambahan  CPNS di tahun ini sebanyak 450 formasi, tetapi  Kementerian PAN RB hanya memberikan penambahan  37 formasi CPNS.
Menurutnya, jumlah yang disetujui oleh Kementerian PAN RB tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan CPNS untuk jajaran Pemkab Temanggung. Namun, kebijakan CPNS  tersebut  alokasinya ditentukan oleh kementerian PAN RB

Ia berharap,  kouta CPNS tersebut bisa ditambah lagi, dan berharap jumlah CPNS tersebut bisa seperti tahun lalu. Yakni dari 350 yang diajukan dan mendapatkan alokasi sekitar 260 formasi.

“Harapannya kita dari 450 CPNS yang diusulkan dapat dipenuhi sekitar 350 CPNS, sekarang kita masih berusaha melakukan komunikasi dengan Kementerian PAN RB supaya ditambah formasinya,” katanya.
Terpisah,  Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung, Siti Margolestari menyayangkan alokasi CPNS untuk Kabupaten Temanggung berkurang sangat banyak. “Komisi A sangat perihatin dengan jumlah penerimaan CPNS yang sangat sedikit ini, kebutuhan CPND di Temanggung cukup banyak,” katanya.

Ia berharap, Bupati Temanggung melakukan komunikasi dengan Kementrian PAN RB, sehingga dalam perekrutan CPNS ke depan dapat menghasilkan formasi sesuai dengan kebutuhan.

“Bupati harus kembali melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat, agar ke depan hal ini tidak kembali terjadi lagi,” pintanya.

Suarabaru.id/ Yon