blank
Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK ketika menyematkan kenaikan pangkat pengabdian kepada AKP Efendi Muktijanto dalam apel pagi di Mapolres setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO–Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK menyematkan kenaikan pangkat pengabdian kepada IPTU Efendi Muktijanto periode 1 Nopember 2019, Senin (4/11). IPTU Efendi Muktijanto naik pangkat lebih tinggi menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK mengatakan kenaikan pangkat pengabdian merupakan wujud penghargaan negara yang diberikan kepada anggota Polri atas pengabdian secara terus-menerus tanpa cacat. AKP Effendi Muktijanto selama ini bekerja dengan baik.

“Tidak semua anggota Polri bisa mendapat kenaikan pangkat pengabdian ini. Selain harus memenuhi syarat administrasi, selama menjalankan tugas menunjukan dedikasi, prestasi, loyalitas dan tidak pernah melakukan pelangaran pidana dan disiplin,“ tambahnya.

Pangkat pengabdian tersebut, imbuhnya, diberikan bagi anggota Polri yang telah memenuhi kriteria sebagaimana di atas dan akan dipakai selama tiga bulan menjelang purna tugas dari kepolisian. AKP Effendi Muktijanto tiga bulan lagi akan purnatugas.

“Karena untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat tidak gampang, sudah sepantasnya institusi Polri memberikan pangkat pengabdian setingkat lebih tinggi. Semoga apa yang telah diterima dapat berguna bagi pribadi dan keluarga,” tegasnya.

Tujuh Program

Penghargaan kenaikan pengabdian itu, diharapkan bisa menjadi inspirasi, penyemangat bagi anggota Polri lain guna selalu meningkatkan kinerja, tidak melanggar disiplin atau pidana serta sebagai motivasi meningkatkan profesionalisme kinerja Polri.

“Ubah pola pikir dan budaya lama serta berikan pelayanan yang prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat yang ada. Anggota Polri berasal dari masyarakat dan bekerja untuk melayani masyarakat pula,” tandasnya.

Kapolres Wonosobo juga menekankan kepada seluruh anggota kepolisian terkait program Kapolri yang baru Jenderal Polisi Idam Azis MSi yakni penguatan Polri yang promoter menuju Indonesia baru. Polri menjadi garda terdepan bagi kemajuan Indonesia.

Ketujuh program tersebut meliputi ; mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, pemantapan Kamtibmas, penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, sinergi polisional, penataan kelembagaan, dan penguatan pengawasan.

“Saya berharap semua anggota kepolisian di jajaran Polres Wonosobo dapat mengimplementasikan seluruh program Kapolri yang baru dalam tugas sehari-hari. Anggota kepolisian menjadi ujung tombak bagi kemajuan Indonesia dan masyarakat,” pungkasnnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka