blank
Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 072 Pamungkas,Kol Arm I Made Gede Antara, selaku inspektur upacara memukul gong tanda program TMMD Sengkuyumh Tahap III di Kota Magelang ditutup, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun 2019 di Kota Magelang usai dilaksanakan, dan ditutup Kamis (31/10).

Upacara penutupan yang berlangsung di Lapangan MAN Magelang, ditandai dengan penyerahan kembali peralatan kerja dari pekerja kepada Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 072 Pamungkas, Kol Arm I Made Gede Antara, selaku inspektur upacara.

Program TMMD Sengkuyung tahap III berlangsung sejak 2 Oktober  2019, dilaksanakan di Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan. Kegiatannya meliputi fisik dan nonfisik.

Kegiatan fisik berupa pembangunan talud makam sepanjang 90 meter. Sedang nonfisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang kartu Indonesia sehat (KIS), penyuluhan tentang hak dan kewajiban peserta BPJS dan penyuluhan tentang E-KTP. Total anggaran TMMD Sengkuyung tahap III mencapai Rp 360.128.000.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Mochammad Effendi melaluisambutan tertulis yang dibacakan Kol Arm I Made Gede Antara meminta terus memupuk semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Selain itu, memelihara semangat gotong rotong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Dia juga berpesan kepada komandan satgas TMMD agar terus menjalin hubungan dengan masyarakat, dan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD.

‘’Tujuan utama TMMD adalah terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat, termasuk juga dengan Pemkot Magelang. Pada dasarnya TNI ikut membantu mempercepat pembangunan di Kota Magelang,’’ terangnya.

Termasuk juga beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti pembagian E-KTP, penjelasan kartu KIS dan BPJS. Karena masyarakat masih belum sadar pentingnya BPJS.

‘’Ketika berobat ingin mendapatkan fasilitas gratis, tapi membayar iuran saja lupa. Melalui  kerjasama ini kita bisa mengimbau masyarakat membantu Pemkot Magelang termasuk pemerintah pusat bagaimana program-program yang dicanangkan bisa berjalan,’’ ungkapnya.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI yang terus berkomitmen membantu pembangunan daerah dengan program TMMD sengkuyung.

‘’Kami sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ini, karena benar-benar sangat membantu masyarakat baik berupa infrastruktur dan nonfisik. Tadi diserahkan juga E-KTP bagi pelajar yang sudah 17 tahun. Kemudian pentingnya KIS dan masyarakat diberikan pemahaman KIS. Walaupun tidak digunakan tetapi kalau punya dan sewaktu-waktu butuh bisa digunakan.  Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berjalan,’’ harapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono