blank
Untuk memadamkan kobaran api yang membakar truk sprayer pengaspal jalan, disemprotkan busa anti api dari tabung Apar. Ini dilakukan petugas, dalam upaya memadamkan kebakaran truk sprayer pengaspal jalan tersebut.
WONOGIRI – Sebuah truk sprayer sarana pengaspalan jalan, Minggu siang (27/10), terbakar saat melaksanakan tugas pengaspalan jalan di ruas jalan di Dusun Menger RT 1/RW 2, Desa Kedunggupit (20 Kilometer timur Kota Wonogiri). Tidak ada korban jiwa, sebab pengemudinya sempat menyelematkan diri dari amukan kobaran api.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Sidoharjo AKP Sumitro, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Ada duagaan, api berasal dari kompor pemasak aspal yang kemudian berkobar oleh adanya tiupan angin kencang, dan menyebabkan terjadinya kobaran api yang membakar seluruh truk tersebut.

Truk sprayer pemasak aspal yang terbakar itu berplat nomor AB 8258 IS, dikemudikan oleh Suyatno (50),warga asal Dusun Randulawang RT 6/RW 3, Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Kabupate Boyolali. Sehari-harinya, Suyatno, berkerja sebagai karyawan PT SPS (Selo Progo Sentosa), sebagai operator truk sprayer aspal tersebut, dan kebetulan Minggu (27/10), tengah melakukan tugas pengaspalan di ruas jalan di Dusun Menger, Desa Kedunggupit, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Kepada petugas, Sopir Suyatno, menyatakan, tidak tahu persis pemicu kebakaran pada truk yang tengah dioperasionalkan tersebut. Karena tiba-tiba terjadi kobaran api pada Pukul 13.15, bersamaan saat truk sprayer tersebut tengah dijalankan untuk melakukan penyemprotan aspal cair dalam proses pengerjaan pengaspalan jalan.

Mengetahui truknya terbakar, sopir Suyatno bergegas menyelamatkan diri dengan cara meloncat dari truk yang dikemudikannya tersebut, sebelum api makin berkobar membakar seluruh bodi truk beserta aspal yang tengah diproses pemasakannya. Api sulit dipadamkan dengan cepat, karena cairan aspal merupakan jenis bahan yang mudah terbakar.

Personel Polsek Sidoharjo Polres Wonogiri yang menerima laporan, segera mendatangi lokasi kejadian untuk membantu melakukan pemadaman, memakai tabung alat pemadam kebakaran ringan (Apar) yang menyemprotkan busa anti api. Petugas juga meminta bantuan mobil unit pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Wonogiri.

suarabaru.id/Bambang Pur