blank
Fotom bersama seusai merilis portal DataGO v.2, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG-  Pemkot Magelang merilis portal data terbuka DataGO v.2. Portal ini melengkapi versi pertama yang dirilis Oktober 2014.

Melalui pengembangan beberapa modul, DataGO v.2 hadir dengan fitur yang lebih menarik. Di antaranya menu permohonan/tracking informasi, tanya jawab (Q&A), dan menu-menu data strategis lainnya.

Portal ini juga dilengkapi fitur inovatif. Yakni Bang Data sebagai virtual assistant 24 jam yang memandu pengelolaan sistem secara keseluruhan.

Bang Data dikoneksikan dengan gadget administrator DataGO, sehingga mampu memberikan notifikasi realtime terhadap permohonan informasi yang masuk dari masyarakat, produsen data se-Kota Magelang dan bahkan mampu mengukur capaian prestasi kerja dari administrator maupun masing-masing produsen data.

‘’Bang Data hadir untuk menjamin validitas data dan meminimalisir terlambatnya publikasi data sektoral di Kota Magelang,’’ terang Kepala Dinas Komunikasi dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo, kemarin (23/10).

Catur menyatakan, keberhasilan dan prestasi yang diperoleh DataGO berkat komitmen seluruh pihak, khususnya para produsen data. Dia mendorong agar produsen data di Kota Magelang terus bersemangat dan berdedikasi.

‘’Saya berharap mereka terus semangat dan berdedikasi membangun sistem tata kelola data sektoral Kota Magelang yang semakin baik,’’ ujarnya.

Sejak dirintis tahun 2014, DataGO telah mendapat apresiasi. Studi tiru dan duplikasi telah banyak dilakukan oleh berbagai pemerintah daerah di Indonesia termasuk dari lingkup kementerian terkait ide inovasi ini.

Rentetan prestasi pun disabet dari tahun ke tahun. Yaitu KIP Award 2017, IGA 2017, Krenova terbaik tingkat OPD/BUMD se-Kota Magelang tahun 2018, IGA 2019 dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Pemerintah Daerah/BUMD/BUMN dan Kementerian tahun 2019. (hms)

Editor : Doddy Ardjono