blank
: Unsur piminan DPRD Blora dari kanan ke kiri, Siswanto SPd, MH, H.M. Dasum, SE, MMA (Ketua DPRD) , Mustofa, dan Sakijan dalam rapat AKD pembentukan badan-badan. (Foto : SB/Ist)

BLORA – Setelah empat komisi terbentuk, kini alat kelengakatan dewan (AKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora makin lengkap, sudah ada BK, Bapemperda, Banmus dan Banggar.

Dalam rapat anggota yang berlangsung aman dan lancar di ruang pertemuan gedung dewan setempat, Selasa (22/10/2019), diputuskan keanggotaan Badan Musyawarah (Banmus) 22 orang anggota.

“Alhamdulillah, AKD sudah lengkap, agenda medesak adalah membahas RAPBD 2020,” jelas Ketua DPRD setempat, HM. Dasum.

Demikian juga dengan badan anggaran (Banggar) terdapat 22 orang anggota. badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) tujuh orang dan badan kehormatan (BK) ada lima orang.

Dijelaskan, ketua  dan wakil-wakil ketua Banggar dan Banmus, otomatis dijabat ketua dan wakil-wakil ketua DPRD, yakni HM. Dasum (PDI Perjuangan), Mustopa (OKB), Sakijan (NasDem) dan Siswanto (Golkar).

Untuk Bapemperda dijabat M. Muchlisin (Fraksi PKB), Wakil Ketua Faishol (Fraksi PPP). Ketua BK Mujoko (FPDI Perjuangan), Wakil Ketua BK Sugeng Hariyanto (Fraksi NasDem)

Harus Teliti

Senin pekan depan, 28 Oktober 2019, mulai dilakukan pembahasan RAPBD 2020. Target persetujuan antara Bupati dengan DPRD pada 21 Nopember 2019. “Perlu kerja keras, tancap gas, tapi tetap harus teliti,” kata Dasum

Seperti diberitakan Suarabaru.id, Dasum menegaskan kini empat Komisi sudah terbentuk dengan memedomani peraturan yang ada, maka bagi anggota fraksi yang belum masuk di komisi dipersilahkan segera bergabung.

Diperoleh keterangan, tiga fraksi yang belum bersedia masuk di komisi yang ada, fraksi PPP dan dua fraksi gabungan Partai Demokrat-Hanura serta Gerindra-PKS, karena ketiga fraksi itu inginya ngemblok di Komisi C dan D.

Adapun unsur pimpinan DPRD Blora masa tugas 2019-2024, Ketua HM Dasum (PDI Perjuangan), Wakil Ketua Sakijan (NasDem), Mustofa (PKB), dan Siswanto (PG).

Sedangkan nama-para ketua fraksi, Lina Hartini (PDI Perjuangan), Mukhlisin (PKB), Yusus Waluyo (NasDem), Meidi Usmanto (Golkar), Jariman (PPP), Arifin (Gerindra), dan HM. Warsit (Demokrat Hanura).

DPRD Kabupaten Blora masa keanggotaan 2019-2024, telah melaksanakan pengucapan sumpah dan janji pada Selasa (27/8/2019).

Tujuh fraksi sudah terbentuk, terdiri fraksi PDI Perjuangan (sembilan kursi), PKB (delapan kursi), NasDem (tujuh kursi), dan PPP (lima kursi) membentuk fraksinya sendiri (mandiri).

Untuk fraksi gabungan, masing-masing Golkar gandeng Perindo (enam kursi), Partai Demokrat bersanding dengan Hanura (lima kursi), Gerindra PKS (lima kursi).

Suarabaru.id/Wahono