blank

KUDUS – Ribuan santri dari berbagai pesantren yang ada di Kudus akan mengikuti upacara apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang akan digelar di Alun-alun Kudus pada Selasa (22/10).  Apel tersebut merupakan salah satu puncak acara dari peringatan HSN 2019 di kota kretek.

Ketua Panitia HSN 2019 Kabupaten Kudus, Mawahib Afkar mengungkapkan, untuk memeriahkan peringatan HSN, panitia memang akan mengerahkan ribuan santri untuk ikut hadir dalam apel bersama. Mereka akan datang dari berbagai pesantren  dari semua wilayah yang ada di Kudus.

“Ada puluhan pesantren yang akan berpartisipasi untuk hadir dalam apel HSN 2019,”kata Mawahib, Senin (21/10).

Menurutnya, dalam apel HSN 2019 ini, selain akan hadir jajaran Forkopinda Kabupaten Kudus, juga akan dihadiri para kiai dan pengasuh pesantren di Kudus. Diharapkan, kehadiran mereka akan menjadi  penyemangat para santri untuk memperingati HSN.

Selain apel, pada malam harinya juga akan digelar ‘Santri Bershawalat’ yang akan dipusatkan di depan air mancur Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Gelaran acara tersebut akan menghadirkan grup rebana Azzahir dan Habib Ali Zaenal Abidin dari Pekalongan, serta KH R Mahfudz Chamid, Ketua Rijalul Anshor pusat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk ikut berbondong-bondong hadir dan bersholawat bersama para santri,”tandas Mawahib.

Peringatan HSN di Kabupaten Kudus tahun 2019 ini sudah mulai berlangsung sejak awal bulan lalu. Sejumlah kegiatan telah berjalan sebagai rangkaian peringatan HSN 2019 seperti Seminar Budaya, Sosialisasi UU Pesantren, serta Liga Santri.

Selanjutnya, kemeriahan HSN 2019 Kabupaten Kudus juga bertambah dengan beragam acara lain diantaranya Workshop Santri, Halaqoh Ulama serta yang cukup menarik adalah Mlaku-mlaku bareng Santri yang akan digelar pada 27 Oktober mendatang.

Acara Mlaku-mlaku bareng Santri tersebut juga akan dimeriahkan artis ibukota yakni Sanny Exs Five Minute, serta Aldino Ghozali N Friends.

Suarabaru.id/Tm/