blank
Alun-alun Temanggung yang merupakan pusat kota penghasil tembakau, yang akan masuk usia 185 tahun. Foto: Istimewa

TEMANGGUNG- Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menyiapkan berbagai acara untuk memeriahkan peringatan hari jadi  ke – 185 Kabupaten Temanggung  yang diperingati setiap 10 November.

“Kegiatan yang mengawali rangkaian peringatan Hari Jadi ke-185 Kabupaten Temanggung kata Kepala Bagian Humas, Setda Kabupaten Temanggung, Witarso Saptono  Putro kepada wartawan,  Senin  (21/10).

blank
Kabag Humas Pemkab Temanggung, Witarso Saptono Putro. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

Witarso mengatakan, kegiatan Temanggung Fair tersebut menampilkan produk-produk UMKM  se –Kabupaten Temanggung, kontes kopi dan lainnya.

Selain itu, Pemkab Temanggung juga akan menggelar kegiatan jalan sehat bersama yang dilaksanakan di tiga  wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Kaloran, Gemawang, dan Bulu.

Menurutnya, pada kegiatan jalan sehat tersebut, panitia menyediakan hadiah  undian utama berupa satu ekor sapi jenis metal, dan puluhan hadiah lainnya.

“Hadiah utama berupa sapi tersebut, masing-masing tiga ekor untuk tiga kegiatan di tiga wilayah tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan,   Pemkab Temanggung juga akan menggelar kegiatan yang bersifat budaya, yakni “Gerebeg Parakan” yang digelar selama empat hari berturut-turut,  6- 9 November mendatang.

Acara diawali prosesi  Gerebeg Parakan yang dipusatkan di bekas Stasiun  Parakan yang dilaksanakan pada  6 November, dan  berakhir pada 8 November dengan prosesi Kirab Songsong Djojonegoro.

Menurutnya, Kirab Songsong Djojonegoro menceritakan proses pemindahan  Pemerintah Kabupaten Temanggung dari Kawedanan Parakan ke Kota Temanggung.

Sedangkan kegiatan yang bersifat seremonial, diawali dengan doa bersama (tahlil) di  Pendapa Pengayoman dan dilanjutkan dengan pergantian Songsong ( payung makam) Bupati I Temanggung Kyai Djojonegoro dan Nyai Djojonegoro yang ada di Kompleks Masjid Darussalam Temanggung.

Witarso mengatakan, setelah upacara peringatan hari jadi  ke-185 Kabupaten Temanggung yang bersamaan dengan upacara bendera hari Pahlawan,  akan dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Prayuda Mudal dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kali Progo dan di atas Jembatan Kali Progo, Kecamatan Kranggan.

Sedangkan, untuk menghibur masyarakat Kabupaten Temanggung,  pemkab setempat juga  menyiapkan hiburan berupa panggung hiburan rakyat, Temanggung Night Carnival, dan  Off Road Challenge ( jelajah Sindoro Sumbing).

Suarabaru.Id/ Yon