blank
Pencari kerja emngikuti pelatihan keterampilan di BLK Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang)

MAGELANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang harus  memberlakukan sistem seleksi untuk menerima calon peserta pelatihan keterampilan jurusan desain grafis di balai latihan kerja (BLK) setempat. Hal itu karena jurusan tersebut banyak peminatnya.

Kepala Disnaker Kota Magelang, Gunadi Wirawan mengatakan, sejak  jurusan tersebut dibuka pekan lalu, sebanyak 60-an calon peserta yang mendaftar. Padahal kelas atau paket yang dibuka hanya menampung 16 orang.

Dalam seleksi yang diprioritaskan adalah pencari kerja (Pencaker) yang memiliki kartu serta memiliki ilmu tentang desain grafis.

‘’Jadi BLK bukan untuk memberi ilmu baru, melainkan pendalaman dari yang pernah pencaker dapatkan sebelumnya,’’ katanya beberapa hari lalu.

Dia melanjutkan, jurusan desain grafis dibuka atas masukan dari pencaker sendiri. Masukan datang melalui grup pencaker di tiap kelurahan di aplikasi Whatsapp yang difasilitasi Disnaker. Hingga sekarang sekitar 3.000 pencaker sudah tergabung dalam grup tersebut.

‘’Di grup itu kita berikan info lowongan pekerjaan, termasuk langkah kita dalam menjaring aspirasi,” ujarnya.

Gunadi menuturkan,  desain grafis merupakan sebuah jurusan yang memiliki pangsa pasar kerja yang luas dan terbuka. Ini disadari karena teknologi informasi berkembang pesat, sehingga menganggap bahwa desain grafis adalah kebutuhan.

‘’Program jurusan ini masih baru dan perdana digelar di BLK Kota Magelang, sehingga baru bisa menampung 16 orang di satu kelas. Kami harap setelah mendapatkan pelatihan, para lulusan nantinya bisa berwirausaha,’’ ujarnya.

Khusus kelas ini, pihaknya mendatangkan tutor dari BLK Kabupaten Temanggung. Jurusan desain grafis menambah kelas pelatihan yang dibuka BLK Kota Magelang.

Selain desain grafis, BLK Kota Magelang memiliki setidaknya enam paket pelatihan peningkatan keterampilan. Yakni menjahit, montir sepeda motor, tata rias, tata boga, komputer dan bahasa asing. Paket pelatihan tersebut seluruhnya dibiayai menggunakan APBN dan APBD Kota Magelang. (hms)

Editor : Doddy Ardjono