blank

SEMARANG – Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula Agus Irfan berhasil meraih gelar doktor. Ia berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji Program Studi Islam, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya (18/10).

Agus Irfan mempertahankan disertasinya yang berjudul Nalar Pemikiran Etika Politik A Mustofa Bisri.  Deertasi terebut berhasil memberikan sumbangsih segar di tengah kekacauan praktik politik baik pada tingkat elit politik maupun pada masyarakat.

A Mustofa Bisri menawarkan gagasan politik kebangsaan dan politik kerakyatan.  Gagasan politik kebangsaan A Mustofa Bisri diekspresikan melalui ide revitalisasi Pancasila dan kritiknya terhadap kelompok Islamisme yang memperjuangkan agenda ideologisasi Islam.

Sementara gagasan politik kerakyatan diwujudkan oleh A Mustofa Bisri melalui upaya penyadaran dan pendidikan tentang hak hak dan kewajiban rakyat disertai advokasi kepada kalangan lemah (mustad’afin) dari perlakuan semena-mena.

Dewan penguji yang diketuai oleh Prof Dr Aswadi MAg menyatakan Agus Irfan yang juga sebagai penerima beasiswa 5.000 doktor (MORA Scholarship) berhak menyandang gelar Doktor yang ke 518 dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan predikat cumlaude./suarabaru.id