blank
Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho (kanan) didampingi Kasi Propam Polres Iptu Supardi (kedua dari kanan), memimpin pembagian bantuan air bersih ke wadah-wadah air milik warga.

WONOGIRI – Polres Wonogiri bersama para mahasiswa dari dua Perguruan Tinggi (PT) di Wonogiri, yakni STABEN dan STAINMAS, Kamis (17/10), menggelar bakti sosial (Baksos). Mereka peduli memberikan bantuan air bersih, dan memberikan pelayanan medis pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga masyarakat.

Baksos jajaran kepolisian bersama para mahasiswa ini, digelar di rumah Kepala Dusun (Kadus) Blimbing, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito (70 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri). Mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Wakapolres Kompol Adi Nugroho, berkenan menyerahkan bantuan air bersih kepada masyarakat. Secara simbolis, bantuan air bersih ini diterimakan melalui Camat Paranggupito, Eko Nur Haryono.

Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, bantuan air bersih yang diberikan berjumlah 26 mobil tangki. Ikut mendampingi Wakapolres dalam menyerahkan bantuan air bersih, para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, Kapolsek Paranggupito Iptu Musta’in bersama jajaran Forkompincam, para Pengurus Cabang Bhayangkari Wonogiri, para mahasiswa dari STABEN dan STAINAS, perangkat desa, dan tokoh masyarakat.

Camat Paranggupito, Eko Nur Haryono, mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Wonogiri yang telah peduli melakukan baksos untuk warga. Kata Camat Eko, di musim kemarau puncak seperti sekarang ini, warga Kecamatan Paranggupito sangat memerlukan bantuan air bersih. Sebab telaga dan tandon air telah pada mengering.

Menurut Camat Eko, untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau, Bupati Wonogiri tengah mengupayakan untuk mengeksplorasi potensi sumber air di Banyu Tibo dan Banyu Towo, Desa Paranggupito. ”Insha Allah, pada akhir Tahun 2020 mendatang, itu telah dapat dinikmati masyarakat,” jelasnya.

Wakapolres Kompol Adi Nugroho, menyatakan, maksud dan tujuan mengadakan baksos adalah untuk ikut memberikan kepedulian kepada sesama. Utamanya kepada warga yang membutuhkan bantuan air bersih, dan mereka yang berkepentingan memeriksakan kesehatannya secara gratis.

”Kami ke sini mengajak para mahasiswa dari STABEN dan STAINMAS, dengan tujuan agar mereka sebagai generasi muda bansga, mengetahui dan memahami kondisi riil wilayah Wonogiri,” tegas Wakapolres. Hal ini penting untuk dipahami, karena para mahasiswa kelak akan menerima estafet kepemimpinan. ”Sebab, pada saatnya nanti, kami akan pensiun dan kalianlah yang akan menggantikannya,” tandas Wakapolres.

suarabaru.id/Bambang Pur