blank
Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, H. Slamet Pemudji, SH, M.Si, menyerahkan sertifikat lulus UKW dan kartu Wartawan Madya Dewan Pers kepada Umbaran Wibowo (TVRI). (Foto : SB/Dok-PWI-Blora)

BLORA – Satu lagi wartawan Blora di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Umbaran Wibowo (TVRI), lulus uji kompetensi wartawan (UKW)  Madya, sehingga total Wartawan Madya di Blora ada lima orang.

Sertifikat kompetensi dan kartu Wartawan Madya Umbaran Wibowo yang juga pengurus PWI Kabupaten Blora Bidang Organisasi, sudah diterimakan di Balai Wartawan PWI kompleks GOR Mustika, Kota Blora.

Selain Umbaran Wibowo, menurut Sekretaris PWI Kabupaten Blora, Kudnadi Saputro, Kamis (17/10/2019), diserahkan pula dua kartu wartawan anggota Muda PWI kepada Bambang Dwi Purnomo (Berita Kita), Jaryoko (Bloranews.com).

Kepala Dinas Pemuda Olrahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar), H. Slamet Pemudji, bersempatan menyerahkan sertifikat lulus UKW dan kartu Wartawan Madya dari Dewan Pers kepada Umbaran Wibowo.

Sedangkan untuk dua kartu Wartawan Muda PWI, Bambang Dwi Purnomo dan Jaryoko, diserahkan oleh Kepala Dinas Kominfo setempat, Sugiyono, diwakili Kasubag Umum dan Kepegawaian Merry Jatminingsih.

“Prosesi penyerahan dilaksanakan di sela-sela rapat rutin PWI yang dihadiri Kepala Diporabudpar dan Kepala Dinas Kominfo,” jelas Kudnadi.

blank
Pejabat DinkominfoBlora, Dra. Merry Jatminingsih, M.Si (dua dari kanan), menyerahkan kartu anggota Muda PWI kepada Bambang Dwi Purnomo (Tabloid Berita Kita/paling kiri). (Foto : SB/Dok-PWI-Blora).

Di Jatim

Ditambahkan, wartawan Blora yang sudah kompeten level Madya saat ini sudah ada lima orang, lulus UKW tingkat Muda sebanyak 11 wartawan, dan wartawan Muda PWI sembilan orang.

Menurut Kudnadi Saputra, wartawan di kabupaten paling timur di Jateng yang sudah kompeten, berhasil lulus uji kompetensi wartawan Dewan Pers yang diselenggarakan PWI Provinsi Jawa Tengah dan PWI Provinsi Jawa Timur.

“Kawan-kawan saya ini ada yang lulus UKW di PWI Jateng, dan sebagian lagi ikut UKW di PWI Jatim,” kata Sekretaris PWI Blora.

Kudnadi menambahkan, lima wartawan Madya Blora itu ada yang sudah lulus UKW pada 2013, 2014, 2017, terbaru pada 2019 adalah Umbaran Wibowo.

Terpisah Ketua PWI Kabupaten Blora, Wahono, terus mendorong kawan-kawanya ikut UKW dan lulus baik yang dilaksanakan di Jateng, Jatim atau tempat lain.

Sebab, lanjutnya, jika wartawan lulus UKW dari Dewan Pers akan lebih kompeten, lebih profesional, dan patuh dengan kode etik wartawan.

“Pertengahan November 2019 depan, PWI Jateng akan melaksanakan UKW, dari Blora sudah dua wartawan yang daftar, ini bagus,” katanya.

Suarabaru.id/Wahono