blank
Selain mengecek kelengkapan pribadi, seluruh kendaraan dinas baik roda dua maupun empat juga tidak luput dari pengecekan tersebut. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Pascaserah terima jabatan dan pelantikan, Senin (14/10) kemarin, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Muchammad Yogi Prawira menyapa para personelnya lewat pengecekan perlengkapan pribadi milik seluruh anggota Satlantas Polres Grobogan. Pengecekan tersebut dilakukan di halaman belakang Mapolres Grobogan dan diikuti para personel usai apel pagi, Selasa (15/10).

Pengecekan ini ditujukan untuk melihat kelengkapan pribadi personel yang harus dilakukan sebelum melaksanakan tugas. Terutama, surat-surat, peluit, lampu kedip dan tongkat serta borgol.

Di samping itu, pemeriksaan ini sebagai tindak lanjut arahan Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, agar setiap personel Polri wajib bertindak sesuai dengan standard operational procedure (SOP) yang berlaku dan melengkapi diri sesuai gampol.

blank
Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Muchammad Yogi Prawira saat memimpin pengecekan personel lewat kelengkapan pribadi yang dibawa anggotanya, seperti tongkat, borgol, surat-surat, peluit maupun lampu kedip. Foto : Hana Eswe.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengaplikasikan catur prasetya sebagai pedoman kerja Polri terhadap masyarakat dan menjadi pengingat dan peningkatan kemampuan dalam melindungi diri sebagai anggota Polri. Terlebih, sebagai pelindung masyarakat,” paparnya.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota ini berharap seluruh personelnya sebelum berangkat dari rumah agar melakukan pengecekan kelengkapan pribadi yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan tugas.

Dalam pengecekan ini, AKP Muchammad Yogi P menemukan lima personel yang lupa membawa borgol. Sebagai punishment, kelima personel tersebut diminta melakukan push up dengan harapan, ke depan mereka tidak lagi lupa membawa kelengkapan diri yang merupakan peralatan wajib yang harus dibawa.

Sejumlah kendaraan dinas, baik roda dua maupun roda empat juga tidak luput dari pemeriksaan ini. Pemeriksaan ini difokuskan pada kelengkapan aksesoris pada bagian-bagian kendaraan dinas tersebut.

“Kita lakukan pengecekan, mulai dari lampu rotator, sirene yang menyala atau tidak dan dari pengecekan yang dilakukan barusan, kondisinya dalam keadaan baik,” jelas AKP Muchammad Yogi Prawira.

suarabaru.id/Hana Eswe.