blank
Program OSP berkonsep lingkungan hijau di Kelurahan Mlangsen, Kota Blora, menyita perthatian masyarakat luas. (Foto : SB/Wahono)

BLORA – Ruang terbuka hijau (RTH) sedang dikembangkan di tiap rukun warga (RW) di Blora. Salah satu lokasi cukup menyita perhatian ada di Kelurahan Mlangsen, Kota Blora, dengan omah setrum pintar (OSP).

Tidak hanya OSP dengan listrik yang digerakkan oleh kincir omset pintar, RTH yang berlokasi di RT-01 dan RT-02/RW-03 Kelurahan Mlangsen itu, terdapat taman hijau hidroponik.

“Kincir angin ini, kami namai kincir omset pintar atau omah setrum pintar,” beber inovator pengusaha pemula berbasis teknologi (PPBT), Noer Chanief, Selasa (15/10/2019).

Chanief mengatakan, ide membuat OSP tersebut bermula dari pertemuan rutin bulanan di rukun tetangga (RT) setempat, yakni adanya lomba RTH tingkat RW se-Blora.

Dari informasi itulah, Noer Chanief yang tenant PPBT berpikir untuk membuat inovasi wilayah RW-nya benar-benar menjadi ruang terbuka hijau dengan didukung omah setrum pintar.

“Rumah saya bersebalahan dengan RTH, lantas saya buat satu kincir angin pembangkit listrik,” tambahnya.

blank
Dari kincir angin ini, jadilah OSP pendukung ruang terbuka hijau di RT-01 dan RT-02/RW-03 Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Kota Blora, Blora. (Foto : SB/Wahono)

Go Green

Listrik yang dihasilkan dari kincir itu, berfungsi untuk suplai kelistrikan di taman hidroponik, juga befungsi untuk charger hand phone (HP), laptop, dan lampu di malam hari.

Selain itu, bisa untuk menghidupkan pompa submersible menaikkan air dari pralon-pralon hidopronik, dan keperluan lainnya berkonsep go green atau lingkungan hijau di lingkup RT dan RW.

“Anggaran kami terbatas, jadi kincir angin ini hanya bisa menghasilkan daya listrik sekitar 600 watt, ya lumayanlah.” tambahnya.

Warga RT-01 dan RT-02/RW-03 Kelurahan Mlangsen mengaku senang dengan adanya OSP. Selain mewarnai dan memberi inspirasi warga setempat, kincir angin itu juga menarik perhatian masyarakat.

Noer Chanief berharap, gagasannya itu bisa dikembangkan lebih luas, masive, dan lebih bisa tingkatkan lagi agar kedepannya bermanfaat untuk masyarakat luas.

Suarabaru.id/Wahono