blank
Jorginho/dok

ROMA – Italia mengunci tiket ke putaran Piala Eropa 2020 setelah menang 2-0 atas Yunani dalam lanjutan kualifikasi Grup J di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (13/10) dini hari WIB. Gli Azzurri berhasil mengukir tujuh kemenangan beruntun. Skuad arahan Roberto Mancini kini menatap ke depan dengan kegembiraan.

Sepak bola Italia kini bangkit lagi selepas hancur lebur pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Pembenahan dilakukan mulai dari federasi, komposisi skuad, dan jajaran kepelatihan. Gol-gol ke gawang Yunani dicetak Jorginho (penalti) dan Federico Bernardeschi. “Kami bertemu tim yang bermain rapat dalam bertahan. Pada babak pertama, kami memainkan bola-bola panjang dan itu tidak optimal. Baru pada paruh kedua, kami bermain lebih santai,” ungkap Mancini. ”Para pemain tetap fokus, dan kemenangan pun bisa kami pastikan,” imbuhnya.

Bagi Mancini, ini menjadi kemenangan kedelapan berturut-turut bersama Squadra Azzurra. Dia berpeluang menyamai rekor sembilan kemenangan beruntun milik Vittorio Pozzo (pada periode 1938 hingga 1939) saat menghadapi Liechtenstein, Rabu (16/10). Juara Piala Eropa 1968 ini kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 21 poin.

Winger Federico Bernardeschi menyatakan timnya menatap ke depan dengan penuh gairah. “Ini sangat menarik dan emosional. Kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para suporter yang selalu memberikan dukungan,” tutur Bernardeschi. Pemain sayap Juventus ini menilai Gli Azzurri berada di jalur yang tepat. Dia pun tidak sabar untuk bertarung pada musim panas mendatang. (rr)