blank
Antoine Griezmann/dok

SAINT-DENIS – Prancis dalam posisi penuh motivasi saat menjamu Turki pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H di Stade de France, Saint-Denis, Selasa (15/10) dini hari WIB. Les Bleus ingin membalas kekalahan selepas takluk 0-2 pada pertemuan pertama. Selain membidik revans, Si Biru ingin mengunci posisi di urutan teratas. Saat ini Prancis dan Turki sama-sama mengemas 18 poin dari tujuh pertandingan.

Pelatih Prancis Didier Deschamps memang tak bisa menurunkan kekuatan penuh. Penyerang Kylian Mbappe, gelandang Paul Pogba, dan kiper Hugo Lloris terpaksa absen lantaran cedera. Kendati begitu, Deschamps masih punya pemain-pemain berkualitas. Melalui skema 4-3-3, Les Bleus mengandalkan trio penggempur yang diisi Olivier, Giroud, Antoine Griezmann, dan Kingsley Coman.

Tanpa Mbappe, lini depan sedikit kehilangan gigitan. Namun, Deschamps berharap Griezmann dan Coman bahu-membahu untuk menopang Giroud sebagai target man. Giroud terpinggirkan di Chelsea, tapi selalu dipilih pelatih tim nasional selaku striker utama. Sejauh ini dia menjawab kepercayaan itu dengan baik.

Bagaimana dengan Turki? Pelatih Senol Gunes tak akan banyak melakukan perubahan starter. Dia tetap memberi kepercayaan pada Emre Belozoglu, yang sebentar lagi berusia 39 tahun, sebagai kapten tim. Gunes menyiapkan formasi 4-3-3. Tiga tukang gedor bakal diisi Burak Yilmaz, Hakan Calhanoglu, dan Cenk Tosun. (rr)