Bagikan
Salah satu bentuk kepedulian PT Semen Gresik, yakni memberikan apresiasi kepada veteran Rembang berupa uang Rp 10 juta. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz.(Djamal AG)

REMBANG – PT Semen Gresik menunjukkan komitmen penuh dalam memperhatikan setiap kesulitan warga. Bahkan, perusahaan plat merah itu juga berandil besar menggerakkan perekonomian warga Rembang, Jawa Tengah.

Dalam meringankan beban masyarakat dari kesulitan mencari air bersih akibat dampak kekeringan misalnya, PT Semen Gresik tak cuma memberikan bantuan air bersih di Rembang. Perusahaan ini memberikan bantuan air bersih di empat desa, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.Kabupaten Kudus, Kamis (10/10).

Manager CSR PT Semen Gresik Sukowo menyampaikan rilisnya kepada wartawan suarabaru.id, soal kegiatannya tersebut. Ia mengatakan, sama seperti warga Rembang, warga Kudus pun juga butuh bantuan air bersih, karena sebagian warga di daerah kretek itu juga mengalami kesulitan air bersih.

“Apa yang dilakukan perusahaan kami hanyalah untuk sebuah respon untuk membantu masyarakat, khususnya warga yang sedang mengalami krisis air bersih,” terangnya.

Empat desa yang dibantu progam Corporate Social Responsibility (CSR) ini adalah Desa Glagahwaru, Kutuk, Terangmas, dan Lambangan. Selama beberapa bulan, warga empat desa ini mengalami krisis air bersih seiring musim kemarau berkepanjangan tahun ini.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana mengatakan sejak Januari hingga Oktober 2019, jajarannya sudah mengucurkan bantuan 675.000 liter air bersih untuk ribuan warga yang ada di puluhan desa belasan kecamatan wilayah Kabupaten Rembang maupun sekitarnya. Penyerahan bantuan air bersih itu dengan menggandeng berbagai lembaga mulai dari kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan lainnya.

“Yang pasti, Semen Gresik berkomitmen ingin tumbuh, berkembang, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Tidak hanya tidak hanya kawasan sekitar perusahaan namun juga daerah lainnya. Termasuk kegiatan di Kudus ini merupakan bagian dari wujud komitmen kami,” katanya.

Terkait persoalan krisis air bersih yang dialami warga, Semen Gresik tak hanya membantu droping air saja, namun juga menghadirkan solusi permanen seperti yang dilakukan di sejumlah desa sekitar perusahaan. Salah satu contohnya, di Dukuh Wuni, Desa Kajar, Kabupaten Rembang. Semen Gresik mencarikan sumber air bersih, membangun bak tandon dan sekaligus mengalirkan melalui pipa hingga areal pemukiman warga.

Selain itu, Semen Gresik juga berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan ekonomi. Di Desa Kedung Rejo, Rembang, terdapat sebuah komunitas bernama Paguyuban Bakul Belanja Keliling Rembang (PBBKR). Kelompok ini beranggotakan 60 orang perempuan dengan mata pencaharian seragam. Lahirnya komunitas ini berawal dari ide seorang warga bernama Linda Setyawati.

Linda dalam pengalamannya melihat sekumpulan pedagang perempuan cenderung dikuasai rentenir. Biasanya, kata dia, ibu-ibu tersebut diberi dana pinjaman sebesar Rp 100 ribu. Kemudian, dalam 24 hari harus mengembalikan sebanyak Rp 120 ribu.

“Itu yang membuat saya tertarik memperjuangkan mereka. Kasihan sesama perempuan, dia hidup termarjinalkan,” ujar Linda di Kedungrejo.

Ia kemudian membentuk PBBKR. Linda berusaha melepas ketergantungan anggota kelompok tersebut dari jeratan rentainer. Melalui koneksi dengan PT Semen Gresik, ia pun mendapatkan solusi.

PT Semen Gresik memberi pinjaman sebesar Rp 3 juta per orang. Prosedur pengembalian dana Rp 200 ribu dicicil selama 18 bulan. Perinciannya, Rp 182 ribu sebagai cicilan utang, sisanya berbentuk tabungan. “Selesai pinjamannya, dia bisa rekreasi,” tutur Linda.

Selain diberi pinjaman modal, para pedagang juga mendapat pengetahuan lain lewat PBBKR. Di antaranya, pelatihan tertib berlalu lintas. Ada kerja sama PT Semen Gresik dengan kepolisian. Juga penyuluhan kesehatan dari Dinas Kebersihan setempat.

“Alhamdulillah saya bisa bersinergi dengan PT Semen Indonesia membawa mereka lebih baik,” ujar Linda.

Sebenarnya, bentuk kepedulian sosial PT Semen Gresik tidak hanya menyasar kawasan sekitar perusahaan saja, namun juga daerah lainnya. Hal itu dibenarkan Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana.(suarabaru.id/jml)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here