blank
Kepala SMPN1 Magelang Nurwiyono SPd MPd menerangkan tentahg sekolah yang dipimpinnya kepada beberapa kepala sekolah yang berkunjung ke lembaga pendidikan yang dipimpinnya, (Humas Pemkot Magelang/Dok SMPN1)

 

MAGELANG- Sebanyak 70 kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP se Kabupaten Kudus beberapa hari lalu (7/10) berkunjung ke SMP Negeri 1 Magelang.

Kepala SMP Negeri 1 Magelang Nurwiyono SN membenarkan kedatangan tamu dari Kudus tersebut.

‘’Mereka mendapat informasi mengenai kegiatan Gelisuci, yaitu Gerakan Literasi Kitab Suci. Selain itu, juga belajar mengenai berbagai prestasi yang diraih sekolah ini. Jadi kedatangan mereka ke sini untuk belajar terkait keberhasilan itu,’’ kata Nurwiyono SPd MPd Kamis (10/10).

Dia menerangkan, bersamaan dengan kunjungan itu, SMP negeri 1 juga menyelenggarakan Seminar Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kegiatan itu menggandeng Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengisi seminar terkait dengan profesionalisme guru.

Sedang Nurwiyono memaparkan best practice tentang kegiatan di sekolah. Utamanya terkait dengan kebijakan pengembangan nilai religius dan tentang kebijakan pemerintah daerah.

Menurutnya, tamu dari Kudus datang pukul 06.15, karena ingin melihat secara langsung penerapan Gelisuci di SMPN 1. Setelah itu mengikuti  upacara dan diteruskan seminar. Salah satu materinya berkaitan dengan pengembangan guru.

Nurwiyono menjelaskan, guru PAI sama halnya dengan guru yang lain. Pengembangan jenjang karir untuk kenaikan pangkat melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Antara laim pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Dia memadang penting adanya informasi atau berbagi pengalaman yang harus disampaikan. Karena kalau sekedar membaca saja tapi tidak ada pengalaman yang disampaikan, kadang enggan untuk melakukan.

‘’Kami membuka tamu berkunjung di sini hanya di semester gasal. Kalau semester genap kita tutup, untuk konsentrasi persiapan ujian nasional (UM),’’ terangnya.

blank
Foto bersama setelah berkunjung ke SMPN 1 Magelang, (Humas Pemkot Magelang/Dok SMPN1)

Menurutnya, Rabu (9/10) mendapat kunjungan dari SMP Negeri 7 Yogyakarta untuk melihat penerapan pada delapan standar nasional, dan peningkatan mutu prestasi yang dilakukan SMP Negeri  1 Magelang. Rencananya SMP Negeri 1 Kudus juga  akan berkunjung pada 2 November 2019.

Pengawas Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Salamun, Sag MPdI mengatakan, dari sisi tinjauan silaturahmi bagus, sisi kacamata penguatan juga bagus. Tidak semata-mata hanya kunjungan tapi diisi seminar, kemudian diisi kegiatan untuk melihat literasi di SMP Negeri 1 Magelang.

‘’Harapannya mereka juga bisa menerapkan di sana, karena bagaimanapun komentar dari peserta juga bagus apresiasinya,’’ tuturnya.

Dia menuturkan, inti kedatangan para pendidik dari Kabupaten Kudus ingin melihat kaitannya literasi Alquran di SMPN 1 Magelang.

‘’Di sisi lain mereka juga butuh penguatan. Kaitannya penguatan itu diisi seminar yang ada angka kreditnya untuk kenaikan pangkat. Istilahnya sambil menyelam minum air. Kunjungan untuk study banding dan seminar dua-duanya dapat.’’ Tutur Salamun yang juga menjabat  Sekretaris PGRI Kota Magelang. (hms)

Editor : Doddy Ardjono