blank
Para personel Sat Sabhara unit Samapta Bhayangkara lakukan latihan bongkar pasang senjata laras panjang. Kegiatan ini dilakukan saat waktu luang. (Foto : Hana Eswe).

GROBOGAN – Waktu luang dimanfaatkan para personel Satuan Samapta Bhayangkara Polres Grobogan untuk berlatih bongkar pasang senjata. Senjata yang dipergunakan yakni senjata laras panjang jenis SS1. Kegiatan ini dilaksanakan usai apel pagi, Minggu (6/10).

Kegiatan ini dipimpin langsung Kaur Bin Ops Sat Sabhara Iptu Salamun. Pihaknya mengatakan, latihan bongkar pasang senjata ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para personel Sat Sabhara. Di samping itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk mengenali senjata yang mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

“Personel Sat Sabhara tidak hanya harus terampil dalam beladiri dan mahir menembak, tetapi juga harus mampu melakukan bongkar pasang senjata,” ujar Iptu Salamun.

Pihaknya menambahkan, keterampilan bongkar pasanga senjata memang sudah dimiliki semua anggota Polri. Hal itu diperoleh saat menempuh pendidikan di Lembaga Pendidikan Kepolisian. Meski sudah mendapatkan kemampuan itu, perlu terus diasah agar para personel semakin mumpuni.

Tidak sekadar melakukan latihan saja, tetapi kegiatan ini juga dipergunakan untuk membersihkan senjata sehingga siap untuk dipergunakan sewaktu-waktu. Sesuai ujaran-ujaran yang mengakar dalam tradisi kepolisian, latihan ini sangat bermanfaat.

“Ujaran-ujaran yang mengakar dalam tradisi kepolisian yakni tiada hari tanpa latihan dan lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada mandi darah dalam pertempuran, latihan ini akan sangat bermanfaat. Ketika ada kendala dalam penggunaan senjata di lapangan, personel terlatih akan segera dapat mengatasi hambatan tersebut,” pungkas Iptu Salamun.

suarabaru.id/Hana Eswe.