blank

MAGELANG – Sebanyak sembilan rumah sakit tentara (RST) di wilayah Jateng menerima sertifikasi akreditasi rumah sakit. Selain itu dua RST menerima Skep Badan Layanan Umum (BLU) rumah sakit.

Sembilan RST yang menerima sertifikasi adalah RST dr Soedjono Magelang, RST Ahti Wira Tamtama Semarang, RST Tegal, RST Kudus, RST Blora, RST dr Asmir Salatiga, RST Solo, RST Yogyakarta, dan RST Wijaya Kusuma Purwokerto. Adapun yang menerima Skep Badan Layanan Umum (BLU) adalah Rumah Sakit Tk II dr Soedjono Magelang dan Rumah Sakit Tk III Wijaya Kusuma Purwokerto. Penyerahan sertifikasi dan Skep BLU dilakukan di Rumah Sakit Tk II dr Soedjono (RST Magelang), Kamis (3/10).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi selain menyerahkan sertifikasi dan Skep BLU juga meresmikan renovasi fasilitas kesehatan Rumah Sakit Tk II dr Soedjono Magelang.

Dalam kesempatan itu Pangdam mengharapkan renovasi fasilitas kesehatan yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan kualitas dan kenyamanan pelayanan kesehatan bagi prajurit, PNS beserta keluarganya, termasuk purnawirawan, warakawuri dan masyarakat umum di sekitar wilayah Magelang.

Disebukan, sebagaimana diamanatkan Pasal 3, poin c, Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, bahwa rumah sakit harus meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanannya. Dengan demikian semakin profesional dalam bidang administrasi manajemen, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, dan rekam medis.

Penyerahan sertifikat akreditasi dan Skep BLU serta peresmian renovasi fasilitas kesehatan itu, merupakan wujud nyata yang telah dilaksanakan oleh RS jajaran Kesdam IV/Diponegoro dalam menjalankan amanat undang-undang. Di mana penyerahan sertifikat akreditasi kepada RS jajaran Kesdam itu merupakan pengakuan dari Komisi Akreditasi RS. Tak lain karena telah memenuhi standar yang ditetapkan untuk dapat memberikan dan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan jaminan mutu yang baik, serta selalu mengedepankan keselamatan pasien.

Sedangkan penyerahan Skep BLU dari Menkeu merupakan amanah yang harus diemban oleh RS Tk II dr Soedjono Magelang dan RS Tk III Wijaya Kusuma Purwokerto. Ditekankan agar manajemen pengelolaan keuangan RS semakin akuntabel, transparan dan fleksibel, sehingga pada akhirnya dapat menopang pelayanan kesehatan yang semakin paripurna. (ach)