blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni mendapat kesempatan naik becak dalam konvoi Pesta Bang Becak, Kamis (3/10). (Foto : Hana Eswe).

GROBOGAN – Dalam rangka HUT ke-74 TNI, Kodim 0717/Purwodadi menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk memperingatinya.

Rangkaian awal berupa kegiatan “Pesta Bang Becak” yang digelar, Kamis (3/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi sosial yang dilakukan aparat TNI Kodim 0717/Purwodadi yang peduli dengan para tukang becak di Kota Purwodadi.

Sekitar 200 tukang becak telah memadati Pendapa Kabupaten Grobogan sejak pagi. Meski cuaca semakin panas, tidak menyurutkan langkah mereka untuk mengikuti kegiatan ini.

Pesta Bang Becak ini dimulai dengan konvoi dari Pendapa Setda Grobogan menuju Makodim 0717/Purwodadi, Jalan Syuhada Purwodadi.

Baca Juga: Pemkab Grobogan Terima Sertifikat WTP

Dalam kesempatan itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Ketua PN Purwodadi Chyrilla Nur Endah, menaiki becak dari depan halaman pendapa menuju ke lokasi akhir yakni Kodim 0717/Purwodadi.

blank
Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta memberikan bantuan sosial kepada para Bang Becak usai konvoi di Makodim. (Foto: Hana Eswe).

Sementara, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta serta prajurit TNI lainnya mengayuh becak yang ditumpangi para abang becak. Sepanjang perjalanan mendapat perhatian dari masyarakat sekitar yang ikut menonton pawai ini.

Sesampainya di rute akhir, Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak. Khususnya jajaran Pemerintah Kabupaten Grobogan.

“Terima kasih, kami sampaikan kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni serta jajaran FKPD dan pihak-pihak terkait yang mendukung acara ini. Ada beberapa Bang Becak yang hari ini merasakan menjadi penumpang, karena becak yang mereka kayuh setiap harinya, pada hari ini dikayuh anggota TNI dari Kodim 0717/Purwodadi,” ujar Letkol Inf Asman Mokoginta.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0717/Purwodadi.

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini hendaknya dapat ditiru instansi lain dengan ditingkatkan kuantitas dan kelompok sasarannya.

“Tahun depan mungkin bisa ditambah dengan kelompok profesi lain. Pemerintah Daerah juga mendorong pihak swasta maupun perorangan yang mampu untuk membuat gerakan sosial kepada sesama. Bukan sekadar untuk saling berbagi tetapi untuk saling memberikan apresiasi,” ucapnya.

Terkait HUT ke-74 TNI, Sri Sumarni mengajak masyarakat menggalang persatuan, kesatuan, persaudaraan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan guna mencegah atau mengantisipasi setiap bentuk upaya, ide, isu, atau apa pun bentuknya yang dapat memecah belah atau menciptakan suasana pertentangan antara warga satu dengan lainnya.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Grobogan mengucapkan selamat HUT TNI ke 74. Semoga dengan usianya yang ke-74, TNI semakin profesional dan akan selalu menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Dalam kegiatan ini, selain mendapatkan bantuan sosial, para abang becak ini juga dijamu dengan berbagai menu makanan, seperti bakso, pecel, soto dan lain sebagainya untuk disantap bersama-sama. Selain itu, hiburan dangdut juga disediakan untuk menghibur para bang becak.

suarabaru.id/Hana Eswe.