blank
Salah satu gelaran pertandingan voli antaradesa se-Blora di Turnamen Siswanto VI. (Foto : SB/Wahono)

BLORA– Turnamen Bola Voli Siswanto Cup VI memasuki babak 20 besar. Di babak 20 besar berlangsung selama lima hari, dibagi menjadi dua zona, zona merah dan putih masing-masing berisi 10 tim.

Zona merah akan dipertandingkan di Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. Sedangkan zona putih berlangsung di Banjarmelati, Desa Sarimulyo, Kecamatan Ngawen, jelas Siswanto, Wakil Ketua DPRD Blora, Rabu (2/9/2019)

Ke-10 tim yang berlaga di zona merah terdiri dari Wado, Jimbung, Pulo, Goito (Mendenrejo), Gabusan, Kaliwader (Ngliron), Bogorejo, Tambaksari, Temurejo dan Kedungpeting (Kedungwaru).

“Kedungpeting kita putuskan masuk zona merah, tujuannya agar merata kekuatan tim,” tambah Siswanto yang juga Ketua Partai Golkar Blora.

Dijelaskanantan Ketua KNPI Blora, di zona merah ini seharusnya tim voli Desa Jiken yang masuk. Namun agar ada pemerataan, posisinya ditukar dengan Kedungpeting.

Adapun 10 tim yang berlaga di zona putih adalah Todanan, Patihan (Ketileng), Plumbon, Rowobungkul, Temas, Wijang (Karangtalun), Sarimulyo B, Sasak (Buluroto), Badong (Gedongsari) dan Jiken.

Baca Juga: GENDAM

Di masing-masing zona, diawali dengan dua pertandinganmemperebutkan tiket ke perempat final zona. Di zona merah, tim Pulo menghadapi Gabusan dan Kaliwader melawan Temurejo.

Pemenang Pulo vs Gabusan ini akan bertemu dengan Tambaksari. Sedangkan pemenang Kaliwader – Temurejo akan bertemu Wado.

blank
Siswanto, penggagas digelarnya Turnamen bola voli antardesa Siswanto Cup.

Perempat Final

Dua pertandingan lainnya akan mempertemukan Menden melawan Kedungpeting dan Bogorejo melawan Jimbung.

Sedangkan di zona putih, dua pertandingan untuk memperebutkan tiket perempat final zona akan mempertemukan Sasak melawan Patian, dan Jiken versus Rowobungkul.

Pemenang Sasak vs Patian akan bertemu dengan Plumbon di perempat final. Sementara pemenang Jiken vs Rowobungkul akan bertemu dengan Banjarmelati di perempat final.

Dua pertandingan lainnya di zona putih ini adalah Badong melawan Todanan dan Wijang melawan Temas.

“Tim yang lolos dari masing-masing zona, akan bertanding di laga pamungkas 6 Oktober di GOR Mustika,” kata Siswanto.

Di laga pamungkas, lanjutnya, ada tiga pertandingan, yakni memperebutkan juara pertama dan kedua, serta perebutan posisi ketiga dan keempat.

Selain itu, ada pertandingan eksebisi antara tim DPUPR Kabupaten Grobogan melawan Jati Mustika Siswanto Cup VI.

Perlu diketahui, turnamen voli Siswanto Cup VI tahun ini mencatatkan jumlah tim peserta terbanyak, yakni 175 tim voli.

Turnamen memperebutkan hadiah total sebesar Rp 30 juta itu sebelumnya dibagi menjadi enam zona.

Zona 1 (Desa Rowobungkul, Kecamatan Ngawen), zona 2 pertandingannya diadakan di lapangan Ngawen (KLX) Kecamatan Ngawen, zona 3 bermain di lapangan voli Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban.

Untuk zona  4, digelar di lapangan voli Kedungpeting, Kecamatan Kunduran dan zona 5 bermain di lapangan Goito Desa Mendenrejo,  Kecamatan Kradenan dan zona 6 yang digelar di lapangan Tambaksari, Kecamatan Blora.

Tahun lalu Tim Todanan meraih juara. Todanan menghadapi Kedungpeting Desa Kedungwaru, Kecamatan Kunduran.

Pertemuan kedua tim itu sekaligus merupakan partai ulangan final tahun 2017 dan di dua kali pertemuan tersebut, tim Todanan selalu memang.

Suarabaru.baru/Wahono